Minggu, April 11, 2021

Cantik Hemat dari Dapur

Kiat Menaklukan Pangsa Pasar kepada Generasi Milenial

Generasi milenial (usia 20 sampai 34 tahun), merupakan pangsa pasar potensial dalam pemasaran produk. Namun, startup, wirausahawan dan perusaha besar mengalami dilema dalam mencari...

Tips Menjaga Kesehatan Saat Tidak WFH di Saat Pandemi COVID-19

Beberapa kantor di Indonesia sudah menerapkan sistem kerja work from home, di mana karyawan bekerja di rumah tanpa perlu ke kantor. Namun, tidak sedikit...

Karbohidrat atau Protein, Mana yang Baik untuk Tubuh?

Karbohidrat termasuk ke dalam zat gizi makronutrein yang memang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak untuk menghasilkan energi.  Fungsi dari karbohidrat itu sendiri...

Tips Penulisan Makalah atau Paper yang Bagus

Check list makalah atau paper yang bagus: Topiknya spesifik, tidak terlalu umum dan luas Sumber bacaannya cocok dengan topiknya Memahami klaim-klaim atau pernyataan-pernyataan yang...
Mahfita Dwiyanti Rahayuningtyas
suka membaca dan menulis, ngumpulin banyak teman dan ngobrol ngalor ngidul. peduli lingkungan dan berusaha untuk menuju hidup zero waste tidak suka dengan sesuatu yang sifatnya seenaknya mencoba untuk jadi positif bagi diri sendiri dan orang lain.

Cantik adalah impian bagi setiap perempuan. Sejak umat manusia tercipta, kecantikan menjadi sebuah patok keindahan. Terbukti dari kisah dua orang putra nabi Adam yang saling membunuh karena memperbutkan salah satu putri Nabi Adam yang terkenal memiliki wajah cantik.

Cantik pulalah yang menjadikan seorang Cleopatra menempuh banyak cara mulai dari mandi madu, mengoleskan lumpur dari kawasan laut mati hingga meracik berbagai ramuan yang bahannya sangat sulit didapatkan.

Tak hanya dari mancanegara, di Indonesia kita juga banyak menemukan kisah-kisah kuno yang menceritakan tentang perempuan-perempuan cantik yang menjadi rebutan banyak lelaki gagah perkasa, bahkan pangeran-pangeran yang berkuasa di masanya.

Katakanlah seorang Ken Dedes yang sampai harus dibawa paksa oleh Tunggul Ametung lalu kemudian diperistri oleh Ken Arok setelah Tunggul Ametung berhasil dibunuh dengan menggunakan keris Empu Gandring. Atau Bagaimana seorang Roro Jonggrang yang mampu membuat seorang Bandung Bondowoso mengerahkan pasukan jin untuk bisa memenuhi syarat yang diajukan agar bisa menyunting putri cantik dari Keraton Ratu Boko. Dari berbagai kisah zaman dahulu kecantikan selalu menjadi impian bagi siapa saja . Seorang wanita memimpikan untuk cantik agar terlihat indah dan menarik. Sementara kaum lelaki memimpikan untuk memiliki pendamping yang cantik.

Karena kecantikan adalah hal yang berharga , maka banyak sekali wanita yang rela melakukan apa saja agar memiliki beberapa point kecantikan seperti kulit cerah, wajah kencang tanpa kerutan, wajah mulus tanpa jerawat, kenyal dan bersinar.

Tidak heran jika trend skin care atau perawatan kulit sudah ada sejak zaman dahulu kala. Mulai dari yang berbahan alami dengan tajuk “ramuan warisan leluhur” hingga perawatan yang menggunakan slogan “cantik ala negara seberang yang sedang naik daun saat ini”. Bahkan terkadang banyak pula yang sudah menghabiskan banyak uang tetapi malah salah memiliki perawatan yang mengandung bahan berbahaya seperti merkury dan hydroquinon. Akibatnya bukan cantik yang didapatkan tetapi kulit rusak yang untuk mengembalikannya pada kondisi semula menghabiskan lebih banyak lagi biaya.

Padahal, banyak orang bijak bilang bahwa kecantikan sebenarnya adalah berasal dari hati. Keindahan budi pekerti digadang-gadang adalah sumber kecantikan dari dalam yang dapat memancarkan aura keindahan bagi siapa saja yang memandangnya. Sayangnya ungkapan tersebut memang ada benarnya, hanya saja kulit cantik dan kecantikan hati sebenarnya adalah dua hal yang jauh berbeda, sehingga keinginan untuk cantik dengan perawatan tubuh dan kulit tetap saja dilakukan oleh kaum hawa.

Sebenarnya jika ingin mendapatkan kulit cantik dan wajah yang kencang, cerah dan berkilau, kita tidak perlu terlalu repot merogoh kocek untuk membeli perawatan kulit. Karena banyak sekali bahan makanan yang mengandung nutrisi yang bagus untuk kecantikan kulit kita. Kita hanya cukup memanfaatkan sayuran, buah dan bahan makanan lainnya yang biasa kita stok di dapur atau di lemari pendingin di rumah kita. Apa saja bahan makanan dan kandungan di dalamnya, mari kita baca beberapa penjelasan mengenai hal tersebut.

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung lemak baik untuk tubuh. Kandungan lemak baik yang ada dalam alpukat, diyakini mengandung senyawa yang baik untuk kulit manusia. Lemak baik ini juga dipercaya mampu menghindari penuaan pada kulit yang disebabkan oleh sinar UV. Selain itu, alpukat juga mengandung Vitamin E dan C dalam jumlah yang cukup tinggi. Keduanya bagus untuk peremajaan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, karena kedua vitamin tersebut mengandung antioksidan dan antiaging tinggi.

2. Ubi Jalar

Ubi Jalar selain sebagai makanan pokok yang mengenyangkan sehigga bagus untuk menggantikan nasi ketika diet. Ubi Jalar mengandung banyak beta karoten, senyawa yang tidak hanya bagus untuk kesehatan mata tetapi juga kulit. Beta karoten mampu mencehah kulit terbakar akibat paparan sinar UV , kematian sel serta kulit kering dan kulit keriput. Selain pada ubi jalar, beta karoten juga terdapat pada sayuran seperti wortel dan bayam.

3. Tomat

Tomat adalah sayuran yang mengandung banyak sekali nutrisi baik bagi tubuh. Vitamin C, Vitamin A, serta mengandung beta karoten, likopen dan lutein. Zat-zat tersebut sangat baik bagi kulit karena mampu mencegah kerutan dan terbakar akibat sinar matahari. Tomat juga diyakini mampu mengatasi jerawat serta mencerahkan wajah. Tidak heran jika tomat sering digunakan sebagai masker wajah karena memberikan efek segar bagi kulit. Cara menggunakannya mudah, cukup dengan mengiris tomat menjadi beberapa bagian, lalu gosokkan ke wajah kita. Biarkan meresap lalu bilas dengan lap yang sudah dibasahi air hangat .

4. Minyak Zaitun

Kandungan Asam Lemak tak jenuh dalam minyak zaitun serta kandungan senyawa lain seperti squalene mampu membuat kulit terlindungi dari radikal bebas akibat paparan sinar UV. Minyak Zaitun juga dikenal mampu melembabkan kulit sehingga bagus untuk kulit kering. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki zat antiinflamasi, sehingga bagus untuk menghindari infeksi dan luka pada kulit. Cara menggunakan minyak zaitun juga sangat muda, cukup dengan diolehkan pada wajah atau bagian tubuh lain sambil diberi pijatan lembut. Sehingga minyak bisa meresap sempurna ke dalam tubuh.

5. Putih Telur

Sudah sejak ratusan tahun yang lalu, putih telur diyakini mampu membuat kulit lebih kencang dan menyamarkan kerutan di wajah. Beberapa resep tradisional memadukan putih telur dengan beberapa bahan lain seperti madu . Kandungan protein yang tinggi dalam putih telur mampu meregenerasi sel kulit wajah sehingga wajah kembali kencang, kenyal dan mengurangi kerutan wajah. Selain itu, menggunakan masker putih telur juga dipercaya mampu mengangkat komedo putih yang sering membuat kita kurang percaya diri.  Cara menggunakannya juga mudah, cukup dengan memisahkan antara putih telur dengan kuning telurnya. Lalu mengoleskan putih telur ke wajah yang sudah dibersihkan. Tunggu sampai mengering dan kita bisa mengupasnya perlahan-lahan, atau membersihkannya dengan lap yang sudah dibasahi air hangat.

6. Timun

Timun dipercaya mampu meremajakan kulit wajah sekaligus memberikan kesegaran dan efek relaksasi . Selain itu rasa dingin dan segar yang diperoleh dari mentimun, dapat mengurangi pembengkakan pada kulit. Efek segar inilah yang membuat timun sering digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata atau yang biasa disebut dengan “mata panda”. Cukup dengan mengoleskan timun yang sudah diiris-iris ke permukaan wajah kita bisa memperoleh manfaat baik timun. Sedangkan untuk menghilangkan mata panda, adalah dengan meletakkan timun di atas mata kita beberapa saat.

Dari beberapa uraian di atas, tentunya sangat mudah untuk didapatkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun untuk minyak zaitun jika memperolehnya dirasa sulit, bisa kita ganti dengan minyak kelapa murni. Selain menggunakan bahan makanan di atas, kita juga harus mengimbangi dengan banyak minum air putih.

Sumber

https://health.kompas.com/read/2020/07/18/150200868/12-makanan-yang-bagus-untuk-kesehatan-kulit?page=all

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-masker-putih-telur-untuk-perawatan-wajah/

Mahfita Dwiyanti Rahayuningtyas
suka membaca dan menulis, ngumpulin banyak teman dan ngobrol ngalor ngidul. peduli lingkungan dan berusaha untuk menuju hidup zero waste tidak suka dengan sesuatu yang sifatnya seenaknya mencoba untuk jadi positif bagi diri sendiri dan orang lain.
Facebook Comment

POLIKLITIK

ARTIKEL TERBARU

Laporan Keuangan? Basi?

Berbicara soal laporan keuangan, tentu sudah tidak asing lagi di telinga orang ekonomi, apalagi yang bergelut dalam dunia akuntansi. Secara singkat, laporan keuangan adalah...

Mengenang Hans Küng (1928-2021), Tokoh Dialog Antar Agama

Bagi para pegiat dialog antar agama, sosok dan pemikiran Hans Küng tak asing lagi. Namanya kerap disebut seiring dengan pemikirannya tentang upaya mewujudkan perdamaian...

Stop Propaganda Anti Syiah, Bersatulah Sunni dan Syiah

Apabila kita search dengan kata kunci Syiah, entah itu di youtube, google, instagram, dan lain sebagainya. Kita pasti akan menemui berbagai gambar atau video...

Kudeta Militer Myanmar, Asumsi Media Tentang Posisi Indonesia

Pada awal tahun 2021 dunia internasional dikejutkan dengan peristiwa yang terjadi di salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yakni Myanmar. Negara yang dulunya...

Barter Fatwa, Bolehkah?

Saya tersentak atas pemberitaan media yang mensinyalemen adanya barter fatwa. Barter fatwa yang dimaksud adalah menukar fatwa halal dengan jabatan komisaris sebuah BUMN. Majalah Tempo...

ARTIKEL TERPOPULER

Jihad Versi Kristen?

Kamus Besar Bahasa Indonesia menuliskan arti kata jihad sebagai usaha dengan segala upaya untuk mencapai kebaikan. Mengamati definisi ini paling tidak kita memiliki pengertian...

Apa Beda Habib, Sayyid, Dzuriyah, Alawiyin, dan Ahlulbait

Terjadi pencampuradukan makna dan fungsi sejumlah kata "Ahlulbait", "Dzuriyah", "Habib", "Sayyid", dan "Alawi", secara sengaja ataupun tidak sengaja, yang bisa menimbulkan kesalahpahaman. Hadis Tsaqalain (bahasa...

Remaja dan Zona Nyaman

Remaja pada umumnya selain terlihat fisiknya yang berubah, tetapi juga mengubah perlahan tentang pola pikirnya. Pola pikir ini berhubungan dengan sebuah tahanan sesorang remaja...

Presiden Joe Biden: Gesture pada Islam dan Dunia Muslim

Joe Biden telah empat bulan lalu dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat ke 46 pada 20 Januari 2021. Joe Biden bersama pasangan wakil presiden Kamala...

Stop Propaganda Anti Syiah, Bersatulah Sunni dan Syiah

Apabila kita search dengan kata kunci Syiah, entah itu di youtube, google, instagram, dan lain sebagainya. Kita pasti akan menemui berbagai gambar atau video...

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.