Banner Uhamka
Jumat, September 25, 2020
Banner Uhamka

FKIP UHAMKA Terus Dipercaya Semasa Pandemi

5 Tipe Pehobi Belanja saat Hasrat Online Shopping ‘Melanda’

Belanja online merupakan salah satu kegiatan yang kian diminati berbagai kalangan. Selain praktis, melimpahnya penawaran menarik yang dihadirkan oleh situs jual beli online favorit...
Redaksi
Redaksi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) membangun kesiapan maksimal untuk menghadirkan layanan pendidikan yang optimal, baik bila pandemi segera berakhir ataupun bila pandemi terus terjadi. Kesiapan itu dibuktikan dengan pengembangan smart classroom dan pembelajaran daring terintegrasi. Tingginya jumlah pendaftar semasa pandemi memberi isyarat bahwa masyarakat menyambut baik kesiapan FKIP Uhamka ini.

FKIP Uhamka memiliki pengalaman lebih dari 62 tahun dalam menyiapkan sarjana pendidikan yang unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial. Dengan pengalaman yang sangat panjang, FKIP Uhamka telah secara turun-temurun dipercaya oleh keluarga Indonesia. Fakultas ini bahkan sering menjadi pilihan nyaman bagi keluarga lintas generasi. Kepercayaan dari para orang tua dan para guru ikut mendukung FKIP Uhamka berkembang menjadi fakultas keguruan/ilmu pendidikan papan atas di ibukota dan wilayah barat Indonesia.

Lulusan FKIP Uhamka telah banyak menjadi pendidik, konsultan pendidikan, wirausahawan pendidikan, tenaga kependidikan, peneliti, inovator, penulis, dan relawan pendidikan yang berkarakter. Profil ideal lulusannya dicirikan dengan sikap taat dan cerdas dalam beragama, kreativitas ilmiah yang mendorong solusi, kecakapan plus ketahanmalangan dalam berkontribusi dan bersinergi, serta kepeloporan yang responsif dalam bermasyarakat.

Dengan semangat kebersamaan dan tata kelola yang baik, FKIP Uhamka memberi kesempatan luas kepada generasi muda untuk mengenyam pendidikan yang mencerahkan, mencerdaskan, dan berkemajuan, yang berpijak pada filosofi integrasi iman, ilmu, dan amal. FKIP Uhamka mengorientasikan pendidikannya yang bersifat pro-fun (progresif dan menyenangkan) untuk menguatkan para pendidik masa depan (empowering future teachers) sekaligus mencerahkan para pemimpin masa depan (enlightening future leaders).

Sebagai bagian penting dari Uhamka yang telah terakreditasi “A”, FKIP Uhamka memiliki 12 program studi unggulan untuk level S1, selain menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Program studi di FKIP Uhamka meliputi:

  1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  2. Bimbingan dan Konseling (BK)
  3. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD)
  4. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI)
  5. Pendidikan Bahasa Inggris
  6. Pendidikan Bahasa Jepang
  7. Pendidikan Sejarah
  8. Pendidikan Ekonomi
  9. Pendidikan Geografi
  10. Pendidikan Matematika
  11. Pendidikan Fisika
  12. Pendidikan Biologi.

Semua program studi di FKIP Uhamka sudah terakreditasi. Banyak di antaranya menyandang akreditasi “A”. Program studi PGSD, BK, PBSI, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Geografi, semuanya meraih akreditasi “A”. Yang lainnya terakreditasi “B” (PG PAUD, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jepang, dan Pendidikan Matematika).

FKIP Uhamka terus tumbuh, dan kemajuannya terlihat dari kuantitas mahasiswa, kualitas sumber daya manusia, maupun kelengkapan sarana dan prasarananya. Fasilitas yang memadai ditandai misalnya oleh empat gedung bertingkat, masjid yang megah, perpustakaan yang modern, asrama (pesantren) mahasiswa putra dan putri, ruang kelas dilengkapi solusi digital, hingga laboratorium yang eksklusif – yang semuanya berlokasi di satu area di Jl. Tanah Merdeka, Rambutan Ciracas Jakarta Timur, yang mudah dijangkau dengan sarana transportasi darat maupun udara.

Kemajuan FKIP Uhamka juga terlihat dari kultur dan tradisi yang dikembangkan dalam pendidikannya. Dalam sekian tahun terakhir, FKIP Uhamka intensif mengembangkan pendidikan yang responsif gender, mendorong filantropi, dan menguatkan integrasi keilmuan. Kini FKIP Uhamka mulai mengembangkan pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, yang ramah lingkungan, dan ramah difabel. Proses pembelajaran daring atau berbasis aplikasi telah sedemikian rupa dikembangkan.

FKIP Uhamka memiliki reputasi baik di mata instansi pemerintah maupun lembaga swasta. Di antara daftar panjang kepercayaan dan kerja sama yang dijalinnya adalah kepercayaan untuk menyelenggarakan pendidikan profesi guru, pendidikan dan pelatihan kepala sekolah, dan menyediakan tenaga pelatih bagi siswa-siswa yang mengikuti olimpiade. Kerja sama dengan banyak sekolah sudah lama dan semakin kuat terjalin. Seabreg prestasi dan kiprah mahasiswanya di level nasional juga mendukung reputasi baik FKIP Uhamka.

Peluang lulusan FKIP Uhamka untuk berkiprah sangatlah besar karena didukung oleh sentralitas pendidikan bagi kemajuan pembangunan. Jejaring alumni yang tersebar di banyak lembaga pendidikan, lokal maupun nasional, membuat kesempatan lulusan untuk berkarya semakin lebar. Ditambah lagi dengan jejaring kelembagaan yang luas dan kepercayaan yang baik, ini semakin membuka peluang yang bagus bagi para mahasiswa dan alumninya. FKIP Uhamka juga terus mengembangkan inovasi pendidikan yang diperlukan bagi sekolah-sekolah, di antaranya dalam model dan desain pembelajaran serta pengembangan alat peraga.

Selain terpercaya, terakreditasi, berkemajuan, bereputasi, dan prospektif, FKIP Uhamka juga semakin “mendunia” dan “islami”. Dosen dan mahasiswa FKIP Uhamka mempunyai cukup pengalaman dalam studi, kerja sama riset, dan kegiatan internasional. Dosen dan mahasiswa FKIP Uhamka berkesempatan menjelajahi berbagai negara, seperti Inggris, Jepang, Korea, Tiongkok, Taiwan, Bulgaria, Thailand, Filipina, Malaysia, Singapura, Australia, Selandia Baru, dan Jerman. Mahasiswa FKIP Uhamka juga memiliki kesempatan ke beberapa negara ASEAN. Dosen-dosen pun mendapat kesempatan untuk memberi kuliah di luar negeri.

Kegiatan berskala internasional, seperti seminar dan konferensi, tidak jarang diselenggarakan oleh FKIP Uhamka, bersama para tamu internasionalnya. Di antara kampus dunia yang menjalin kerja sama erat dengan FKIP Uhamka adalah Tottori University (Jepang), Universiti Utara Malaysia, Universiti Teknologi Petronas, dan Busan University of Foreign Studies (Korea Selatan).

Bila Anda termasuk yang mencari kampus islami yang berlokasi di Jakarta yang sekaligus terakreditasi A, maka Uhamka tentulah pilihan utama – untuk tidak menyebut satu-satunya. Di Uhamka, pembinaan keislaman dilangsungkan sejak mahasiswa baru mendaftar ulang hingga masa wisuda. Mata kuliah keagamaan, tradisi tadabur Quran dalam perkuliahan, pengajian di masjid, perkaderan keorganisasian, hingga dakwah pemberdayaan keluarga duafa, adalah di antara pengalaman yang dilalui oleh mahasiswa semasa kuliah di Uhamka. Semangat Islam berkemajuan turut memastikan mahasiswa non-muslim pun mendapat layanan yang baik dan nyaman di kampus ini.

Informasi lengkap tentang FKIP Uhamka dapat diperoleh melalui pesan WhatsApp ke 0858 1300 1600 atau 0858 1300 1800, atau dengan mengunjungi situs fkip.uhamka.ac.id, atau melalui akun Instagram @officialfkipuhamka. Calon mahasiswa baru dapat pula langsung mendaftar secara online di pmb.uhamka.ac.id.

Redaksi
Redaksi
Facebook Comment

POLIKLITIK

ARTIKEL TERBARU

Peran Civil Society dalam Perang Melawan Wabah

Perkembangan wabah korona semakin mengkhawatirkan. Epidemiologi Pandu Riono menyebut puncak kasus Covid-19 di Indonesia baru mencapai puncak pada awal semester pertama hingga pertengahan tahun...

Erick Ingin Kerja, Mereka Malah Menganggu!

Akhir-akhir ini, ada gerombolan oknum-oknum yang ingin memaksakan kehendak untuk mengisi kursi-kursi komisaris. Ketika keinginan itu tak tercapai, mereka secara sistematis dan masif melakukan...

Menjarah Mahkota Kemuliaan MK

Revisi Undang-Undang Mahkamah Konstitusi yang disahkan pada 1 September lalu menjadi hadiah sekaligus menjadi dilema bagi kesembilan hakim konstitusi di usianya yang ketujuh belas...

Memahami Kembali Pandemi Covid-19

Wabah Covid-19 yang disebabkan virus corona jenis baru telah memasuki bulan ke-6 sejak ditetapkan sebagai pandemi oleh organisasi kesehatan dunia (WHO). Per tulisan ini...

Pandemi Dapat Membunuh Populis, Tidak Populisme

Demokrasi atau otoriter? Masa awal pandemi diwarnai dengan perdebatan mengenai tipe rezim mana yang paling efektif dalam menghadapi wabah Covid-19. Namun memasuki kuartal ketiga...

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.