OUR NETWORK

Together We Remember and Act

Forum GenRe Purbalingga misalnya, dalam memperingati World AIDS Day atau hari AIDS sedunia

Kesempatan semua kalangan bersatu dengan menyuarakan semangat No HIV/AIDS telah tiba. 1 Desember datang dan menggerakan para remaja bangsa menunjukkan kepedulian dan dukungan mereka bagi orang yang hidup dengan HIV/AIDS. Aksi turun jalan membagikan pita merah atau bunga memang menjadi acara tahunan dalam rangka memperingati hari AIDS bagi sebagian komunitas atau perkumpulan remaja.

Forum GenRe Purbalingga misalnya, dalam memperingati World AIDS Day atau hari AIDS sedunia, Forum GenRe Purbalingga sebagai komunitas gerakan remaja berencana menyelenggarakan kegiatan peringatan hari AIDS dengan membagikan pita merah, permen, bunga dan tentunya ilmu singkat mengenai hari AIDS kepada masyarakat di Purbalingga.

Kegiatan ini dimulai pukul 15.00 WIB bertempat di alun-alun Purbalingga. Tak hanya bergerak sendiri, forum Genre Purbalingga-pun mengajak PIK-R Mega dan PIK-R Marsela untuk bersama-sama melakukan hal-hal positif di hari AIDS sedunia. Kegiatan yang merupakan event pertama forum Genre Purbalingga ini mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat sekitar. Para masyarakat yang tengah menghabiskan malam minggu dengan keluarga maupun sahabatnya tak merasa terganggu, mereka terbuka tangan dan benar-benar antusias dengan acara yang bertajuk peringatan hari AIDS sedunia ini.

Sekitar 800 masa diperkirakan ikut terlibat, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia ikut berperan dalam kegiatan tersebut. Selain berbagi pita merah dan semacamnya, para masyarakat pun diajak berfoto bersama mengabadikan momen keikutsertaan mereka. Memang tak sedikit dari masyarakat yang belum mengetahui bahwa tanggal 1 Desember merupakan hari AIDS sedunia, namun sebagian dari mereka memiliki keingintauan yang besar dengan bertanya lebih lanjut mengenai hari AIDS sedunia atau seputar arti dari pita merah yang menjadi ikon acara tersebut.

Kegiatan semakin menarik ketika dimulainya permainan GenRe kids, sebuah permainan ular tangga yang berisi berbagai kuis atau sejenis pertanyaan mengenai HIV/AIDS. Tak hanya terhibur, pengetahuan pun bertambah ketika begitu banyak materi baru yang diterima dengan cara yang menyenangkan. Acara pun akhirnya berakhir sekitar pukul 19.00 WIB.

Memang tak hanya bertujuan untuk menyuarakan semangat NO HIV/AIDS, kegiatan ini pun berupaya mengurangi adanya stigma-stigma yang berkembang dimasyarakat mengenai ODHA atau Orang Dengan HIV AIDS harus dijauhkan dari masyarakat luas. Forum GenRe menegaskan bahwa sebenarnya bukan ODHA yang menjadi masalah, namun masyarakatnya saja yang minim pengetahuan dan hanya bisa menghakimi para ODHA dengan anggapan-anggapan negatif yang ada di pikiran mereka.

Dengan melakukan berbagai kegiatan tersebut, maka sebagai perkumpulan remaja yang hadir di tengah masyarakatnya, Forum Genre menunjukkan keterlibatan dalam upaya menyelamatkan ancaman HIV/AIDS terhadap keberlangsungan generasi muda bangsa Indonesia ke depan. Harapannya dengan adanya berbagai sosialisasi semacam ini, dapat menumbuh kembangkan kesadaram masyarakat mengenai bahayanya HIV/AIDS yang memang harus diperangi oleh semua orang tanpa terkecuali.

Salam GenRe!

“Saatnya yang muda yang berencana”

Saya Berani, Saya Sehat!!

Intellectualegacy.blogspot.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…