OUR NETWORK

Teror Big Data

Otomatis saat penjualan toserba menarik pesat karena promo yang dilakukan tepat sasaran. Sederhananya seperti itulah pemanfaatan big data dalam skala kecil.

Pernah heran ketika suatu toserba membuat promo beli 1kg pet food gratis 1 pack teh celup. Ternyata usut punya usut dari data yang mereka kumpulkan di pembelian-pembelian sebelumnya.

Banyak sekali pelanggan yang membeli pet food dan teh celup secara bersamaan. Dan ternyata ditemukan fakta bahwa biasanya orang yang memelihara hewan sering berkumpul bersama komunitasnya sambil menikmati teh.

Otomatis saat penjualan toserba menarik pesat karena promo yang dilakukan tepat sasaran. Sederhananya seperti itulah pemanfaatan big data dalam skala kecil.

Teknologi merupakan hal yang dapat membawa banyak perubahan terhadap banyak hal. Salah satunya dengan dalam aspek kehidupan berpolitik.

Munculnya sosial media dan platform online lainnya yang memiliki market cenderung terus meningkat dan menurut saya akan lebih besar dibandingkan pendekatan secara konvensional seperti dahulu. Sudah tentu menjadi panggung bagi para pelaku politik untuk mendapatkan pendukung dan suara pada pemilu tahun depan.

Pemanfaatan teknologi adalah hal yang lumrah digunakan. Jika menengok pemilihan presiden di Amerika 2016 lalu, Trump terpilih sebagai presiden dengan skandal Cambridge Analytica.

Bahkan menurut beberapa sumber Cambridge Analytica juga membantu pro-Brexit memenangkan referendum. Terlepas dari apakah hal tersebut itu ilegal, teknologi sendiri pada dasarnya tidak dapat dibendung.

Kemungkinan yang sangat besar bahwa hal yang sama terjadi pada negara kita saat ini. Orientasi suara terbanyak tentu saja landasan elite mengambil manuver politik.

Berbagai gimmick dilakukan berdasarkan data yang diambil dari respon-respon masyarakat terhadap jargon-jargon yang di keluarkan. Namun integritas bagi saya bukanlah hal yang mudah untuk di manipulasi.

Saat ini jika elite politik sedang melakukan analisa di media sosial dan akan mendapatkan pattern mengenai interest mayoritas dari masyarakat. Dimana pattern tersebut akan menjadi manuver politik yang diambil seperti yang dilakukan Trump dengan “Makes America Great Again” miliknya.

Dari hal itu saya bisa menilai sebenarnya apa yang akan dilakukan oleh para elite politik juga bergantung pada kita sebagai masyarakat pada umumnya. Meskipun dengan adanya pengelolaan Big Data dengan mengambil informasi pribadi sehingga bisa mendorong masyarakat secara tidak sadar dalam mengambil keputusan seperti yang direncanakan pihak tertentu.

Semuanya bermuara pada masyarakat itu sendiri. Masyarakat tentunya perlu fondasi yang kuat dalam mengikuti segala perkembangan yang ada. Dan menurut saya itu adalah pendidikan.

Milenial. Masih Budak Kapitalisme.

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…