Senin, Januari 18, 2021

Pentingnya Vitamin bagi Tubuh Di Era New Normal

Kegagalan Produksi Makna Kru Setnov

Ada hal yang menarik jika kita mengkaji teori ekonomi dan sosial. Apalagi ketika kita mengkaji teori marxisme. Dalam teori marxisme, ada dua hal yang...

Hak Asasi Manusia, Tema yang Tak Memiliki Ujung

Tak dapat dipungkiri, beberapa dasawarsa belakangan Hak Asasi Manusia (untuk selanjutnya disebut HAM) menjadi aksis utama dan indikator peradaban sebuah negara. Hampir semua negara-negara di...

Simulakra dalam Narasi FPI Versus Polisi

Teknologi media baru menjadi kekuatan yang berpotensi mengaburkan realitas. Twitter sebagai salah satu media digital yang paling bertanggung jawab. Sebab, ia membenamkan setiap orang...

Salah Kaprah Mendagri: Polri Menjadi Plt Gubernur

Selain menjadi "medan tempur" bagi beberapa purnawirawan Polri untuk menjadi kepala daerah, Pilkada 2018 nampaknya menjadi semakin ramai karena kebijakan Mendagri Tjahjo Kumolo. Mendagri...
Fadia Latifa Maghfiruha
Nama saya Fadia Latifa Maghfiruha, saya anak ketiga dari tiga bersaudara. Riwayat pendidikan saya yaitu SDN Cipedak 02, SMPN 253 Jakarta, MAS Citra Cendekia, dan kini saya sedang melaanjutkan pendidikan Di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Daya tahan tubuh atau imunitas menjadi benteng untuk mencegah virus masuk dan menyerang tubuh kamu. Dengan dimulainya aktivitas di luar rumah lagi di masa new normal seperti sekarang, imunitas tubuh sangat penting untuk dijaga. Apalagi bila kamu beraktivitas di daerah yang rentan penyebaran virus serta banyak kerumunan orang.

Manusia memiliki pertahanan dalam tubuh yang dapat menghalau berbagai jenis kuman dan virus penyebab penyakit. Pertahanan tersebut dikenal dengan kekebalan tubuh yang tersebar di seluruh bagian tubuh serta melibatkan protein, sel, dan organ.

Jika tubuh diserang oleh patogen berupa parasit, bakteri, atau virus, maka daya tahan tubuh akan melawannya. Sebaliknya, bila daya tahan tubuh tidak terjaga dengan baik, tubuh pun akan rentan terjangkit penyakit. Di tengah penyebaran wabah COVID-19 dan penerapan new normal, kamu bisa meminimalisir penyebaran dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas. Di antaranya dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi khususnya buah-buahan dan sayuran, menjaga asupan cairan dengan meminum setidaknya delapan gelas air per hari, menerapkan gaya hidup sehat, dan memberikan asupan vitamin untuk daya tahan tubuh. Pastikan juga kamu melakukan manajemen stres yang baik karena tingkat stres bisa mempengaruhi daya tahan tubuh kamu.

Selain lebih banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan panganan bergizi lainnya, asupan vitamin juga tak kalah pentingnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beragam jenis vitamin bisa kamu dapatkan dari suplemen atau makanan yang kamu konsumsi.

Tetapi, jenis vitamin seperti apa sih yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Asupan Vitamin

● Vitamin CSalah satu jenis vitamin ini dikenal memang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan bila kamu kekurangan asupan vitamin C, tubuh kamu akan rentan terkena penyakit, dari mulai sariawan hingga flu. Vitamin C juga penting untuk rutin dikonsumsi di masa new normal seperti sekarang ini demi menjaga sistem imun tubuh kamu. Konsumsilah berbagai makanan yang mengandung vitamin ini untuk memenuhi asupan vitamin harian.

● Vitamin D Selain vitamin C, vitamin D juga berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin D dipercaya dapat mengaktifkan sel T sehingga dapat memproduksi lebih banyak senyawa fosfolipase C-y1. Senyawa tersebut diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Asupan vitamin D bisa kamu dapatkan melalui protein hewani dan sebaiknya rutin kamu konsumsi di masa new normal.

● Vitamin A Untuk memperkuat daya tahan tubuh, vitamin A menjadi salah satu asupan vitamin yang perlu dikonsumsi di masa new normal. Seperti vitamin C, vitamin A mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Vitamin A bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan karotenoid.

● Vitamin E Bukan hanya mengandung antioksidan yang baik untuk imunitas tubuh, vitamin E juga dapat membantu tubuh memerangi infeksi penyakit. Tidak heran bila vitamin ini menjadi salah satu asupan vitamin penting di tengah wabah COVID-19 dan berlakunya new normal seperti sekarang. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin untuk daya tahan tubuh melalui sayuran hijau dan kacang-kacangan.

● Vitamin B6 Vitamin B6 memiliki peranan penting untuk proses reaksi biokimia pada imunitas tubuh. Reaksi tersebut berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B6 melalui ikan atau sayuran hijau.

● Mineral Asupan mineral sama pentingnya dengan asupan vitamin untuk daya tahan tubuh. Zat mineral yang diperlukan seperti:

○ Zat besi yang penting untuk menyalurkan oksigen ke sel-sel dalam tubuh.

○ Selenium yang membantu untuk menyokong peningkatan daya tahan tubuh.

○ Zinc yang sangat baik dalam mengatasi peradangan dalam tubuh dan menstabilkan kinerja sistem imun.

○ Asam folat yang sangat baik dalam perkembangan sel tubuh dan DNA.

Menjaga asupan vitamin bisa kamu jaga dengan mengonsumsi makanan bergizi yang dianjurkan dan terbukti menyehatkan tubuh.

Lantas makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi dan mengandung vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh?

Ragam Makanan dan Minuman yang Mengandung Vitamin

Jeruk, Buah ini dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tak jarang orang yang terserang flu disarankan untuk mengonsumsi buah jeruk. Selain itu, buah ini juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi dan serangan virus penyebab penyakit. Hampir semua jenis jeruk mengandung vitamin C yang tinggi seperti jeruk bali, jeruk lemon, jeruk keprok, dan jeruk nipis. Ingat ya, asupan harian vitamin C untuk wanita adalah 75 mg sedangkan untuk pria 90 mg. Pastikan kamu memenuhi asupan vitamin tersebut.

Paprika Merah, Sama halnya dengan jeruk, paprika merah juga mengandung vitamin C. Bahkan kandungannya lebih banyak tiga kali lipat dari jeruk Florida. Selain itu, paprika juga mengandung beta karoten yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Beta karoten dalam paprika diubah dalam tubuh menjadi vitamin A sehingga kesehatan mata pun turut terjaga.

Brokoli, Jenis sayuran hijau ini mengandung Vitamin A, C, dan E. Selain itu brokoli juga kaya akan serat dan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, pastikan nutrisi dalam brokoli tetap terjaga dengan baik melalui proses pemasakan yang lebih sederhana seperti dikukus. Tetapi, jangan lupa untuk mengonsumsi brokoli setelah dibersihkan dengan baik.

Bawang Putih, Hampir setiap masakan khas Indonesia menggunakan bawang putih sebagai salah satu bumbunya. Bawang ini juga dapat meningkatkan cita rasa sekaligus membantu menjaga kesehatan. Bahkan, bawang dianggap mampu memerangi infeksi dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Bawang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung senyawa belerang seperti allicin.

Jahe, Banyak manfaat jahe untuk kesehatan, diantaranya dapat mengurangi peradangan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi mual, mengurangi rasa nyeri, dan mengurangi penurunan kolesterol.

Bayam, Termasuk dalam sayuran hijau yang kaya akan vitamin C, antioksidan, dan beta karoten. Bila dikombinasikan, ketiga zat tersebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi. Namun, seperti brokoli, bayam paling sehat dikonsumsi bila dimasak tidak terlalu lama agar nutrisinya tetap terjaga.

Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, sangat penting untuk kamu tetap menjaga daya tahan tubuh. Mengingat banyaknya aktivitas yang dilakukan di luar rumah dan di tengah kerumunan banyak orang, menjaga tubuh untuk tetap fit perlu diperhatikan guna mencegah serangan virus seperti COVID-19.

Beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus membuat tubuh kamu selalu fit adalah dengan asupan vitamin serta rutin berolahraga.

 

Fadia Latifa Maghfiruha
Nama saya Fadia Latifa Maghfiruha, saya anak ketiga dari tiga bersaudara. Riwayat pendidikan saya yaitu SDN Cipedak 02, SMPN 253 Jakarta, MAS Citra Cendekia, dan kini saya sedang melaanjutkan pendidikan Di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Facebook Comment

POLIKLITIK

ARTIKEL TERBARU

China-Indonesia, Lahir dari Rahim Bulutangkis

Olahraga bukan sekedar cara untuk menjaga kesehatan, juga bukan sebagai hobi yang dinikmati dan sebuah kewajiban rutinitas untuk mencegah berbagai penyakit. Lebih dari itu,...

Penguatan Kebijakan Pelaksanaan Akreditasi RS di Masa Covid-19

Kasus Pandemik Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) kian meningkat dan telah memengaruhi berbagai aspek kesehatan termasuk memengaruhi upaya dalam meningkatkan kualitas layanan fasilitas kesehatan....

Memaknai Syair Lagu Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada

Lagu yang diciptakan oleh musisi terkenal di Indonesia yaitu Ahmad Dhani, melahirkan Sebuah mahakarya lagu yang begitu indah dan memiliki makna yang dalam. Lagu...

Soe Hok Gie, Perihal PKI dan Humanity

Soe Hok Gie sendiri adalah salah satu tokoh kunci dalam gerakan anak muda yang kemudian berujung dengan kejatuhan Orde Lama. Ia memainkan peran yang...

Ihwal Teori Keadilan John Rawls

Keadilan merupakan salah satu diskursus dalam filsafat yang paling banyak dibahas, bahkan menjadi topik utama dalam dunia global saat ini. Para filsuf sejak zaman...

ARTIKEL TERPOPULER

Apa Beda Habib, Sayyid, Dzuriyah, Alawiyin, dan Ahlulbait

Terjadi pencampuradukan makna dan fungsi sejumlah kata "Ahlulbait", "Dzuriyah", "Habib", "Sayyid", dan "Alawi", secara sengaja ataupun tidak sengaja, yang bisa menimbulkan kesalahpahaman. Hadis Tsaqalain (bahasa...

Mengapa Banyak Abdi Negara Muda Pamer di Media Sosial?

Apakah kamu pengguna Twitter yang aktif? Jika iya, pasti kamu pernah melihat akun @txtdrberseragam berseliweran di timeline kamu. Sebagaimana tercantum di bio akun ini,...

Narkoba Menghantui Generasi Muda

Narkoba telah merajalela di Indonesia .Hampir semua kalangan masyarakat positif menggunakan Narkoba. Bahkan lebih parahnya lagi adalah narkoba juga telah merasuki para penegak hukum...

Ihwal Teori Keadilan John Rawls

Keadilan merupakan salah satu diskursus dalam filsafat yang paling banyak dibahas, bahkan menjadi topik utama dalam dunia global saat ini. Para filsuf sejak zaman...

Soe Hok Gie, Perihal PKI dan Humanity

Soe Hok Gie sendiri adalah salah satu tokoh kunci dalam gerakan anak muda yang kemudian berujung dengan kejatuhan Orde Lama. Ia memainkan peran yang...

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.