OUR NETWORK

Pemberdayaan CU Meningkatkan Kualitas Hidup

Pemberdayaan adalah upaya yang dilakukan untuk membuat masyarakat agar mampu membangun dirinya, sehingga masyarakat dapat memperbaiki kehidupannya.

“…Credit Union (CU) tidak dapat menawarkan kepada Anggota sebuah keajaiban yang akan membebaskan Anggota dari kemiskinan tanpa adanya usaha dari Anggota itu sendiri, tetapi… jika semua bergotong royong mengupayakan kebaikan bersama, maka tujuan pembebasan dari kemiskinan ini dapat tercapai..” Begitulah misi credit union yang dinyatakan oleh Fredrich Wilhelm Raiffeisen, pelopor gerakan credit union.

Melalui misi tersebut, Credit Union Kridha Rahardja (CUKR) yang merupakan koperasi kredit dengan tempat pelayanan di Jawa Tengah dan Yogyakarta, menerapkan dua strategi utama guna mencapai misi yang  disampaikan oleh F.W. Raiffeisen dengan upaya pemberdayaan anggota, yaitu melalui pengembangan Komunitas Basis Anggota dan pengembangan Sedulur Kridha. Kedua startegi tersebut juga merupakan pembeda dengan CU lainnya.

Pemberdayaan Anggota

Menurut Slamet (2003), pemberdayaan adalah upaya yang dilakukan untuk membuat masyarakat agar mampu membangun dirinya, sehingga masyarakat dapat memperbaiki kehidupannya.

Bertolak dari hal tersebut, pemberdayaan CUKR senantiasa melakukan peningkatan pengetahuan, pengembangan keterampilan, akses kebutuhan fisik/ ekonomi dengan memperhatikan nilai-nilai hidup, kemampuan dan kearifan lokal masyarakat setempat secara teratur berkelanjutan demi penguatan anggota itu sendiri.

Melihat pada data laporan Rapat Anggota Tahunan CUKR (2017), Anggota CUKR pada tahun 2017 berjumlah 2.542. Selama tahun buku 2017, total 160 anggota sudah mengikuti kegiatan Penyegaran dan Pelatihan (Kewirausahaan) Anggota. Lebih rincinya adalah 99 anggota telah mengikuti kegiatan penyegaran dan sisanya sebanyak 61 anggota telah mengikuti kegiatan pelatihan (kewirausahaan) anggota. Dampaknya, piutang produktif sebanyak Rp. 10.509.143.582 telah digelontorkan pada pinjaman 2017.

Melalui kegiatan penyegaran dan pelatihan (kewirausahaan) yang merupakan bentuk dari pemberdayaan anggota, CUKR mencoba mengarahkan anggota untuk semakin meningkatkan pendapatan serta aset demi kesejahteraan hidup anggota. Upaya ini dilakukan agar CUKR tidak hanya menjadi lembaga yang memberikan pelayanan keuangan yang baik, tetapi juga menjadi lembaga yang berorientasikan kepada misi credit union.

Melalui pemberdayaan anggota, CUKR menghidupkan roh penggerak sesuai dengan semangat CU yaitu menolong sesama membantu dirinya sendiri.

Selain itu, melalui pinjaman produktif CUKR dapat menolong anggotanya dalam meningkatkan asset anggota dan bukan mengurangi assetnya.

Meningkatkan Kualitas Hidup

CU Kridha Rahardja berupaya untuk mengantarkan anggotanya memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Dengan memperbaiki kesejahteraan fisik, maka kesejahteraan spiritualpun akan  meningkat. Pemberian pinjaman produktif anggota yang miskin dan rajin, akan secara bertahap meningkatkan kesejahteraan fisik dan hidup sosial yang harmonis serta mendorong anggotanya untuk mandiri, sehingga terbebas dari ketidaksejahteraan.

Credit union adalah gerakan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas yang memberikan pelayanan keuangan bagi anggota untuk meningkatkan kualitas hidup anggota.

Sedangkan CUKR berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik, bertanggung jawab, humanis dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan anggota dan lembaga yang berorientasikan pada kebaikan bersama.

Anggota dan ataupun calon anggota diajak untuk membuka wawasan tentang pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup melalui credit union. Lewat kegiatan pemberdayaan inilah dapat mengubah pola pikir lama, meniggalkan kebiasaan buruk dan menemukan cara-cara baru untuk memberdayakan hidup.

Mahasiswa S1 Program Studi Ekonomi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…