OUR NETWORK

Move On dari PNS!

Setelah dilakukan penyelidikan diduga Dimas mengalami depresi karena tidak lolos tes CPNS.

Masa depan adalah hal yang sangat rentan namun paling sering dibicarakan. Banyak hal yang dilakukan oleh seseorang agar masa depannya terjamin. Arti kata “terjamin” sering identikkan dengan pekerjaan tetap yang dapat memberikan penghasilan setiap bulannya.

Baru-baru ini terjadi kasus bunuh diri yang menyebabkan Dimas Kirana Mulya (31) tewas setelah terjun dari lantai atas apartemen. Dimas adalah seorang guru honorer, yang menjadi salah satu peserta untuk mengikuti tes CPNS.

Setelah dilakukan penyelidikan diduga Dimas mengalami depresi karena tidak lolos tes CPNS. Hal tersebut adalah salah satu kasus yang sering terjadi di Indonesia, dimana banyak orang berbondong-bondong mengikuti tes CPNS namun hanya sekitar 10% saja yang diterima dari keseluruhan jumlah pendaftar.

Hal ini sudah menjadi sebuah fenomena yang sangat lumrah, menjadi PNS seolah-olah adalah  profesi idaman yang menjanjikan. Banyak warga Indonesia menjadikan PNS sebagai sasaran utama dalam mencari pekerjaan.

Tak jarang banyak warga Indonesia yang sudah dengan sangat bersusah payah mengikuti setiap persyaratan, namun mendapatkan kegagalan dikarenakan kuota yang sangat berbanding jauh dengan jumlah peserta yang mengikuti tes.

Berita yang datang dari “Yustamar berujar banyaknya permintaan mengikuti bimbingan belajar bagi calon peserta tes CPNS membuat lembaga bimbel CPNS-nya berniat meluaskan sayap ke daerah. Untuk 2017 saja, lembaga bimbel CPNS ini telah membuka 30 kelas dengan jumlah peserta mencapai 750 orang. “Tiap kelas kami isi 20 orang dan maksimal 25 orang, tuturnya” hal tersebut merupakan salah satu upaya yang banyak pendaftar lakukan, semata-mata agar lolos tes CPNS.

Mengapa PNS dijadikan cita-cita bagi kebanyakan orang. Sebuntu itukah pikiran kebanyakan orang, sehingga tidak memilki mimpi lain selain menjadi PNS. Saat masih kecil jika ditanya oleh guru “apa cita-citamu?” maka muncul banyak jawaban profesi yang bervariasi mulai dari menjadi dokter, pilot, guru, polisi, tentara dan lainnya.

Tetapi mengapa hal tersebut tidak bisa kita pertahankan hingga tumbuh menjadi orang dewasa. Kebanyakan orang akan bingung menjawab pertanyaan sesederhana itu. Orang dewasa cenderung takut untuk memegang teguh mimpi-mimpinya dulu ketika masih kecil dan stuck pada satu profesi yaitu menjadi PNS.

Takut dalam mengambil resiko yang ada, ragu dengan kemampuan yang dimilki, terhimpit oleh keluarga, dan latah oleh mind set kebanyakan orang. Mereka menjadi pesimis tidak akan bisa mencapai mimpi-mimpi mereka dulu, sehingga mereka menetapkan jalan aman satu-satunya profesi yang bisa mereka capai agar masa depannya terjamin adalah menjadi PNS.

Sangat lucu memang, saat melihat banyak warga Indonesia berbondong-bondong mengikuti tes CPNS. Mereka menciptakan dinding tebal bagi mereka sendiri, untuk tidak mengejar mimpi mereka dulu dan mencari jalan aman. Seperti yang diketahui, pada era milenial sekarang ini pekerjaan sangatlah mudah dan banyak.

Hanya saja memang perlu pemikiran kreatif yang lebih dan niat yang besar juga berani melangkah menjadi beda dari yang lain. Walaupun hal tersebut 50:50, namun hal tersebut tidak membuat kita menciptakan standar yang mainstream tentang definisi dari suatu masa depan yang terjamin. Pada beberapa waktu lalu tepatnya tahun 2017 muncul berita di liputan6.com dimana banyak peserta tes CPNS berkelakuan “nyeleneh” dimana mereka membawa jimat yang mereka percaya dapat membantu mereka lolos pada tes tersebut.

Dengan beberapa kejadian diatas, tentu sangatlah memprihatinkan. Dengan berkembangnya teknologi dijaman milenial sekarang ini, masih banyak saja beberapa dari kita yang belum bisa move on dari mind set bahwa masa depan terjamin itu sama dengan menjadi PNS.

Dan semoga dikemudian hari tidak ada kasus-kasus nyeleneh ataupun tragis lainnya yang muncul, melainkan berita-berita positif tentang gebrakan-gebrakan baru pekerjaan yang dapat mengubah mind set kita menjadi maju dan berkembang ke depan dan bukan stuck di tempat.

Beberapa pekerjaan yang menjanjikan dengan perkembangan teknologi yang ada sekarang sangatlah banyak seperti menjadi seorang vloger, bloger, youtuber, berjualan online dan masih bnyak lagi. Beberapa pekerjaan tersebut dapat tercapai jika kita mau dan berani untuk melangkah tanpa takut gagal.

Seperti Thomas Alpha Edison dengan penemuan lampunya yang gagal berkali-kali namun tetap mencoba sehingga penemuannya dapat berdampak besar pada kita hingga sekarang. Dengan hal tersebut semoga kita dapat move on dari PNS dan semoga kita dapat menjadi “pendobak” yang memajukan dan berdampak luas bagi kita sendiri dan bagi orang banyak.

Penulis dari perbatasan yang bermimpi besar

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.