Sabtu, Oktober 31, 2020

Membentuk Pelajar Cakap Literasi Digital

Paperless Culture

Kertas adalah benda ajaib yang membantu dan memudahkan banyak hal dalam hidup kita. Mulai dari pembungkus makanan, buku catatan, tisu hingga struk belanja, kehidupan...

Malu-Malu dan Malu-Maluin dalam Bermedsos

Dalam al-Jami’ al-Ushul min Ahadits al-Rasul karya Ibn al-Atsir, Anas ibn Malik RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Cinta dunia adalah pangkal setiap dosa;...

Menunggu Disrupsi Pemerintahan

 Disrupsi jelas memiliki mata ganda, selain kontribusi positif pada kebutuhan juga terdapat dampak negatif seperti di sisi lain masyarakat yang siap dengan segala prasyaratnya...

Covid-19, Sekolah, dan Bencana Generasi

Kasus penyebaran pandemi Covid-19 masih sangat tinggi, baik secara global, maupun nasional. Beragam usaha terus diupayakan untuk mencegah, mengobati dan meminimalisasi dampak yang ditimbulkan. Meskipun...
Azwar Abidin
Peminat kajian Pendidikan, Literasi, dan Analisis Wacana.

Meski akses ke himpunan pengetahuan semakin mudah dengan internet dan perangkat cerdas, tidak berarti netizen terhindar dari wabah misinformasi. Justru dengan membanjirnya versi dari satu topik yang tersedia secara bersamaan akan membuyarkan fokus pikiran seseorang.

Akibatnya, ketika pikiran buyar, emosi menjadi rentan dipermainkan dan keyakinan pun mudah digoyahkan. Hal ini efeknya bisa berdampak lebih parah pada pelajar. Mereka, yang digolongkan sebagai Digital Natives, perlu dibimbing dan dibekali filter untuk menghadapi situasi tersebut.

Pelajar di usia remaja masih dalam proses pencarian jati diri dengan terus mencari role model. Media sosial menyajikan galeri karakter lintas budaya dari beragam kepribadian dan latar belakang.

Di antara karakter itu, ada tukang tipu hingga tukang jual khayalan. Pelajar perlu belajar menahan diri ketika berhadapan dengan beragam informasi di media sosial maupun di kanal berita.

Sabar mengulik keabsahan data, mengurai argumen, dan menerka maksud dari apa yang disampaikan. Di sisi lain, sikap waspada itu mesti pula dibarengi sikap terbuka dan berlapang dada. Terbuka menerima keberagaman, menghargai pendapat orang lain, dan beradaptasi dengan ide serta gagasan baru.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, kecakapan literasi digital perlu dimiliki oleh tiap pelajar. Literasi digital adalah kemampuan untuk memanfaatkan teknologi digital untuk meneliti, mengembangkan, dan menyelesaikan pekerjaan. Kemampuan ini juga mencakup menggunakan perangkat cerdas untuk bekerjasama, bertukar informasi, dan mencari hiburan.

Kesempatan untuk menuangkan gagasan dan berdiskusi dengan berbagai kalangan semakin luas dan terbuka. Pelajar pun dapat memanfaatkan kelas virtual seperti Khan Academy, mengikuti tutorial di WikiHow, serta bergabung dengan komunitas sesuai bakat atau minat dari berbagai layanan yang banyak tersedia secara gratis.

Sebagai langkah awal, pelajar butuh dibekali dengan pemahaman akan konsep anonimitas dan privasi sebelum ditanamkan kepada mereka nilai-nilai kritis, demokratis, dan etis dalam pergaulan di dunia maya.

Konsep anonimitas, di satu sisi, mengajarkan pelajar agar selalu waspada terhadap potensi kejahatan yang bisa menyasar informasi pribadi mereka. Akun digital baik dari media sosial atau lainnya bisa dimanfaatkan untuk kejahatan atas nama pemilik akun. Konsekuensi dari jejak digital (digital footprint) perlu disampaikan lebih awal. Meski demikian, tidak berarti pelajar dapat sesumbar seenaknya kemudian berlindung di balik identitas anonim.

Konsep privasi, di sisi lain, menyadarkan pelajar bahwa mereka punya ruang pribadi yang tidak melulu mesti diumbar. Potret wajah, diri, dan suasana hati bukanlah sesuatu yang wajar untuk diunggah di ruang publik.

Beberapa kasus human trafficking, pemerasan dengan modus ancaman penyebaran foto-foto pribadi, serta penyalahgunaan foto seseorang di situs dewasa dapat bermula dari menyepelekan hal tersebut. Pelajar perlu dijejali doktrin bahwa ketenaran dan kepuasan tidak sebanding dengan harga diri. Tanggungjawab atas hal-hal sebesar itu merupakan dasar bagi sikap menghargai diri sendiri.

Petaka Literasi di Era Digital

Beberapa waktu yang lalu, Mindedge mempublikasikan hasil survei terhadap kemampuan literasi digital sekitar 1001 mahasiswa-mahasiswi seantero Amerika Serikat. Survei ini menggunakan instrumen kuesioner dengan menanyakan beberapa hal terkait kepercayaan diri, kredibilitas media massa populer, perbandingan keakuratan antara informasi daring dan informasi luring, hingga opini mereka terhadap campur tangan pihak asing dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat di tahun 2020 mendatang.

Temuannya sangat mengejutkan. Mahasiswa-mahasiswi yang menjadi responden dalam survei tersebut justru menunjukkan kemampuan literasi digital yang rendah. Padahal, hampir seluruh waktu mereka digunakan untuk mengakses internet dengan perangkat yang cukup mutakhir. Temuan ini menunjukkan bahwa kebiasaan menggunakan perangkat cerdas tidak menjamin kecakapan literasi digital.

Pelajar Menyongsong Peradaban Digital

Pesatnya kemajuan di bidang teknologi informasi membuat klasifikasi pengguna layanan digital tidak lagi dilihat dari perbedaan usia. Foundation for Young Australians melalui skema ‘The New Work Order’ menyebutkan bahwa dunia digital dimanfaatkan oleh setidaknya empat golongan.

Yang pertama, digital muggle, merupakan golongan yang mengakses layanan digital tanpa perlu memiliki kecakapan digital tertentu. Yang kedua, digital citizen, memanfaatkan layanan digital untuk tujuan berkomunikasi, mencari informasi, dan melakukan transaksi. Yang ketiga, digital worker, mengatur jalannya sistem digital yang keempat, digital maker, berperan membangun teknologi digital.

Pelajar yang disebut digital natives masuk dalam kategori digital muggle. Mereka merupakan bagian dari kelompok yang memasuki dunia digital tanpa pemahaman cukup akan seluk beluknya. Soalnya, dunia profesional yang akan digeluti oleh para pelajar ini setidaknya membutuhkan kemampuan digital dasar seperti menggunakan e-mail, menjalankan perangkat lunak kantor, bahkan mengembangkan sistem digital mandiri. Sehingga literasi digital sudah menjadi keharusan.

Dunia digital tidak dibatasi ruang sehingga siapa pun bisa ditemui dan diajak berinteraksi. Ini peluang yang dapat dimanfaatkan pelajar untuk terlibat dalam pergaulan yang lebih luas dan menemukan komunitas yang tepat. Hal ini, di satu sisi, membantu pelajar untuk mematangkan kemampuan interaksi sosialnya.

Meski demikian, pelajar tetap butuh bimbingan dalam interaksi tersebut dalam hal menyikapi keberagaman. Termasuk sikap tenang dan santun ketika menghadapi perbedaan pendapat, menjalin dialog konstruktif, dan tidak melayani serta memedulikan ujaran kebencian.

Kemampuan berpikir kritis juga dapat dilatih dalam situasi bertukar informasi di jejaring media sosial. Pelajar dituntun untuk menilai sebuah informasi dari sisi keabsahan maupun kebermanfaatannya.

Sumber informasi, konteks, otoritas (lembaga maupun keilmuan), hingga referensi menjadi pertimbangan pelajar ketika memvalidasi keabsahan suatu informasi. Selain itu, perlu pula diberi pemahaman bahwa bahkan informasi yang absah pun tidak serta merta bermanfaat. Terkadang informasinya baik namun tidak tepat atau tidak signifikan. Asas kebermanfaatan informasi penting dalam menentukan informasi mana yang layak disebar dan mana yang cukup untuk konsumsi pribadi.

Teknologi terus mengalami penyesuaian dan perkembangan, tuntutan belajar pun demikian. Pelajar dituntut untuk berpacu dengan kondisi tersebut dengan tujuan akselerasi aktivitas belajarnya. Situasi belajar tidak lagi berbatas dominasi sekolah dan ruang kelasnya.

Jika dahulu para pendidik menjaga kewarasan berpikir para pelajar dengan memilah materi dan bahan bacaan, sekarang pendidik perlu melibatkan diri dalam aktivitas daring pelajar. Pendidik pun dituntut untuk lebih terbuka untuk berdiskusi dan meluangkan waktu untuk membimbing perilaku interaksi virtual pelajar.

Interaksi digital yang dimediasi internet membuka peluang bagi pelajar untuk terlibat membangun peradaban global. Layaknya tiap peradaban yang dibangun dari kecakapan literasi masyarakatnya, peradaban global pun menuntut kecakapan literasi masyarakat digitalnya.

Azwar Abidin
Peminat kajian Pendidikan, Literasi, dan Analisis Wacana.
Facebook Comment

POLIKLITIK

ARTIKEL TERBARU

Kesehatan Mental dan Buruh

Kerja adalah cerminan kesehatan jiwa. Semakin baik tempat kerja, semakin kecil kemungkinan kita mengalami masalah kejiwaan. Adam Smith dalam bukunya Wealth of Nation secara...

Charlie Hebdo, Emmanuel Macron, dan Kartun Nabi Muhammad

Majalah satir Charlie Hebdo (CH) yang berkantor di Paris kembali membuat panas dunia. CH merilis kartun Nabi Muhammad untuk edisi awal September 2020. Padahal...

Imajinasi Homo Sapiens Modern dalam Menguasai Dunia

  Foto diatas ini mewakili spesies lainnya yang bernasib sama, tentu bukan hanya Komodo, masih ada dan masih banyak lagi hewan yang bernasib sama sebut...

TBC Mencari Perhatian di Tengah Pandemi

Pada awal Maret, Indonesia melaporkan kasus Coronavirus Disease-2019 yang dikenal sebagai COVID-19, terkonfirmasi muncul setelah kejadian luar biasa di Wuhan, Cina. Penyakit ini disebabkan...

Pemuda dalam Pergerakan Nasional Pandemi Covid-19

Peringatan hari Sumpah Pemuda mempunyai makna yang khusus di masa Covid-19 saat ini. Tak bisa dipungkiri bahwa negara Indonesia adalah salah satu negara yang...

ARTIKEL TERPOPULER

Sandiwara Dibalik Pernikahan Raja Majapahit Bali

Belakangan di Bali ramai pemberitaan mengenai acara pertunangan Raja Majapahit Bali bernama lengkap Abhiseka Ratu Dr Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra...

Apa Beda Habib, Sayyid, Dzuriyah, Alawiyin, dan Ahlulbait

Terjadi pencampuradukan makna dan fungsi sejumlah kata "Ahlulbait", "Dzuriyah", "Habib", "Sayyid", dan "Alawi", secara sengaja ataupun tidak sengaja, yang bisa menimbulkan kesalahpahaman. Hadis Tsaqalain (bahasa...

Pandangan 2 Mazhab Hukum Terhadap Putusan MA Soal Eks Napi Koruptor

Pertengahan tahun 2018 ini publik dikagetkan dengan hadirnya PKPU No. 20/2018 yang dalam Pasal 4 ayat (3) menyatakan bahwa Pengajuan daftar bakal calon anggota...

KDRT Saat Pandemi

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang lebih dikenal dengan nama COVID-19 adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini...

Menyerupai Suatu Kaum: Hadits, Konteks Budaya, dan Tahun Baru 2018

Hanya dengan satu hadits ini, “Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka” (HR Abu Daud dan Ahmad), banyak ustaz yang lantang...

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.