OUR NETWORK

Kepada Penguasa, Asas Good Faith Itu Penting!

Hilangnya kepercayaan terhadap pemimpin akan membuat suatu bangsa akan mudah menjadi disintegrasi dan terpecah belah

Pada abad ke 21 ini perkembangan manusia untuk mencapai kekuasaan bersifat agresif. Banyak cara yang ditempuh untuk mencapai kekuasaan. Salah satu alat atau motor penggerak untuk mencapai kekuasaan adalah dengan cara politik. Bahkan tak jarang lawan dan kawan saling sikut untuk mendapatkan kekuasaan.

Semakin banyak arus yang ikut dalam gelombang maka gelombang akan semakin besar. Kekuatan-kekuatan politik di mana pun di atas dunia selalu mencerminkan masalah-masalah mendalam kesejarahan dan struktural di mana kekuatan politik itu tumbuh, berkembang, dan melakukan peran. Hilangnya kepercayaan terhadap pemimpin akan membuat suatu bangsa akan mudah menjadi disintegrasi dan terpecah belah.

Pentingnya asas good faith (ikhtikad baik) terhadap penguasa akan mengurangi ketegangan politik dan disintegrasi di suatu bangsa. Secara historical dapat kita lihat dari kepemimpinan sebelum abad ke 20 dimana raja dan pemimpin mendapatkan haknya dari rakyatnya untuk dipatuhi dan ditaati.

Walaupun masih banyak penguasa yang melakukan kesalahan atau pun kejahatan, tetapi ada penasehat penguasa yang akan menyampaikan kesalahan penguasa. Sebelum abad ke 20 banyak kita temui pergolakan dan perperangan di berbagai negara, tetapi satu hal yang dapat kita pelajari banyaknya pertempuran antar negara kepercayaan rakyat terhadap penguasa begitu tinggi dan inilah salah satu aspek dari kuatnya persatuan yaitu kepercayaan terhadap pemimpin, sehingga negara dapat mencapai tujuannya.

Mengatur sebuah negara dimulai dari dari mengatur sebuah keluarga. Penguasa adalah ibaratkan kepala keluarga yang akan berusaha mensejahterakan rakyatnya. Pemimpin kepala keluarga mencerminkan keluarga tersebut, karena berasal dalam ruang lingkup dan tujuan yang sama.

Bisa dikataakan jarang kepala keluarga yang ingin menyengsarakan keluarganya, kepala keluarga akan semaksimal mungkin memperjuangkan keluarganya agar tercapai semua kebutuhan keluarganya. Walaupun hidup dalam kemiskinan dan kebutuhan dan tuntutan keluarga yang sangat banyak akan tetapi kepala keluarga akan semaksimal mungkin bakal memperjuangkannya.

Harapannya agar semua sejahtera dan berkeadilan terhadap anak-anaknya. Pentingnya patuh dan taat terhadap pemipin selama tidak kepada perintah keburukan salah satu sebab yang membuat terhindar dari disintegrasi negara.

Satu tahun sebelum pemilu presiden, berbagai strategi politik sudah mulai dimainkan baik secara konstitusional ataupun secara non konstitusional. Bahkan Presiden yang masih duduk saat ini dihajar habis-habisan untuk menjatuhkan nama dan elektabilitas. Hal inilah yang menyebabkan rakyat menjadi terkotak-kotak dan diskriminasi. Belum tentu lawan calon pemimpin pemilu 2019 lebih baik pada pemimpin pada saat ini, tetapi mereka sudah bisa mengklaim pemimpin itu lebih baik.

Penulis tidak berpihak kepada siapapun atau kelompok manapun. Tetapi penulis menyayangkan oknum kelompok yang tidak adanya sikap Good Faith terhadap pemimpin saat ini, ini diluar adab dan akhlak budaya luhur nilai-nilai yang ada di Republik Indonesia. Pemimpin adalah tokoh atau elit anggota sistem sosial yang dikenal oleh dan berupaya mempengaruhi para pengikutnya secara langsung atau tidak langsung.

Pemimpin adalah tokoh anggota masyarakat yang dikenal secara langsung atau tidak langsung oleh para pengikutnya. Setiap rakyat memiliki hak untuk menasehati seorang pemimpin. Diantara bentuk nasihat kepada pemimpin adalah dengan mendoakannya. Namun realita saat ini semakin banyak rakyat yang tidak mengetahui hak seorang pemimpin. Bahkan banyak yang menghinakan dan melecehkan nya. Bahkan berujung kepada sikap tidak mengakui keabsaahan pemerintahannya

Mahasiswa ilmu hukum Universitas Andalas Padang

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…