OUR NETWORK

Kemah Bahasa ALIF 9 Wadah Pembentukan Mahasiswa BSA Progresif

Arabic Language In Focus merupakan badan semi otonom Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga sebagai wadah pengembangan potensi akademik serta minat bakat mahasiswa BSA. Selain itu, adanya ALIF ini betujuan untuk membentuk kader-kader progresif dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab; sehingga dapat merevitalisasikan khazanah sastra Arab yang semakin kurang diminati oleh khalayak umum. Prestasi yang dihasilkan komunitas ini, tidak hanya berkiprah di ranah Nasional namun sudah merambah hinggah kancah Internasional. Sehingga tidak perlu diragukan lagi, pendirian komunitas ini mampu membuktikan dengan terlahirnya mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab  yang memiliki nilai intelektualitas tinggi juga potensi-potensi besar sebagai acuan bahwa badan semi otonom HMJ BSA UIN  Sunan Kalijaga ini telah berhasil dalam mengoordinir kader-kader BSA yang progresif.

ALIF UIN Sunan Kalijaga setiap tahunnya mengadakan kemah bahasa sebagai lumbung pembentuk dan pencarian aktivis penerus juga untuk mempererat ukhuwah sesama mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Kemah bahasa yang ke-9 ini diadakan pada tanggal 06-07 Oktober 2017 di Sangurejo, Turi, Sleman Yogyakarta;  dengan mengusung tema Bergembira Dengan Bahasa Berkarya Dengan Sastra. Acara ini diikuti oleh 53 peserta dengan dibumbui  rasa semangat dan keingintahuan yang tinggi. Serangkaian acara telah dibungkus rapi dengan beberapa materi bahasa dan kesusastraan juga prospek kerja yang menjanjikan untuk mahasiswa BSA. Karena yang tertanam dalam paradigma khalayak, kebanyakan mereka mengatakan bahwa peluang kerja untuk alumni BSA sungguhlah sangat minim; dan itu semua telah dibabat habis oleh Kang Hilman sebagai pemateri.

Ada sedikit yang berbeda di Kemah Bahasa ALIF 9 kali ini, dimana pelaksanaan acara ini hanya dilaksanakan 2 hari satu malam saja; berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang biasanya diadakan selama 3 hari dua malam. Namun, berbedanya sistem kali ini, tidak mengikis semangat peserta dan panitia yang sudah berjuang untuk menyukseskan acara besar Kemah Bahasa yang setiap tahunnya diadakan dengan beragam inovasi, proses kreatif, dan kerja sama yang erat. Ketua umum ITHLA 2017 atau yang biasa kita sebut dengan اتحاد طلبة اللغة العربية menyempatkan diri untuk hadir dan membagi sedikit banyak pengalamannya sekaligus menyosialisasikan beberapa hal terkait lembaga persatuan mahasiswa Bahasa Arab se-Indonesia ini.

Apresiasi terhadap acara Kemah Bahasa ALIF 9 sungguhlah sangat menarik perhatian banyak kalangan untuk dikupas dan diulik lebih jauh bagaimana perkembangan dari proses-proses internal ALIF itu sendiri. Terasa lebih lengkap rasanya acara ini, dengan adanya malam inagurasi sebagai ajang menampilkan bakat dan kreatifitas peserta baik dalam bidang Pidato, Puisi, Musik, serta sorakan-sorakan ramai dari tim sukses acara ini. Tidak hanya itu sebetulnya, ada perlombaan yang telah dilaksanakan pra acara yaitu bertepatan pada tanggal 30 September 2017 yang diadakan di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Perlombaan ini dimaksudkan untuk memupuk potensi mahasiswa BSA dan melatih mental secara berkala sehingga Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga ini tidak hanya memiliki mahasiswa BSA yang berintelektual tinggi saja tetapi memiliki skill besar untuk menaikkan gengsi Prodi  Bahasa dan Sastra Arab yang lebih menjanjikan. Selain itu, antusias peserta begitu bergebu ketika mengikuti acara outbound, dengan berbagai permainan yang telah disiapkan panitia. Disinilah, kekompakan para peserta dilatih sehingga diharapkan akan adanya kekuatan besar  jalinan ukhuwah walau hanya tercipta dari hal-hal sepele.

 Kesuksesan acara ini tidak terlepas dari beberapa uluran tangan yang dengan sigap dan ikhlas meluangkan waktu dan tenaganya untuk acara Kemah Bahasa ALIF 9. Dan sangat diharapkan, dengan adanya acara ini dapat memupuk semangat baru dengan beragam potensi yang sudah ada ataupun potensi-potensi yang sedang dilatih untuk menjadi pondasi yang kuat.

Pegiat komunitas penulis Coretan Pena, teater EKSA, PMII RCC, debater Al Motoyat Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Yogyakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.