OUR NETWORK

Fenomena Hoaks di Media Sosial

Hoaks yang disebar tidak peduli merugikan orang lain atau tidak yang penting bisa menyebarkan hoaks menjadi fenomena tersendiri bagi masyarakat.

Kabar Hoaks atau berita palsu akhir-akhir ini demikian marak di media. Media yang satu ini dibilang baru sebagai tempat penyebar hoaks. Bukan lagi di media visiual televisi, media massa koran ataupun media radio melainkan media baru yaitu media sosial.

Media sosial seperti facebook, twitter, Whatsapp. Line dan media sosial lainnya kini menjadi tempat asyik menyebarkan hoaks bagi sebagian masyarakat. Hoaks yang disebar tidak peduli merugikan orang lain atau tidak yang penting bisa menyebarkan hoaks menjadi fenomena tersendiri bagi masyarakat.

Kabar hoaks atau  berita palsu yang disebar lewat media sosial seakan menjadi kepuasan tersendiri bagi pelakunya setelah menyebar hoaks .Hoaks memang unik dan menarik setelah hoaks itu tersebar luas di media sosial hingga menimbulkan  kehebohan  di masyarakat .

Hoaks itu muncul akibat ulah dari pengguna mediasosial sendiri sehingga tak heran sumber utama  hoaks sebagian besar berasal  dari media sosial.Pengguna media sosial saat ini di wilayah Indonesia kian hari kian merajalela dan menjamur  .Hampir sebagian besar penduduk Indonesia pengguna media sosial  hingga tak heran fenomena hoaks dimedia sosial demikian marak.

Fenomena hoaks di media sosial akhir- akhir ini memang demikian marak membuat pengguna media sosial pun menjadikan media sosial sebagai kegiatan rutinitas dalam kehidupan sehari- hari .Banyak kegiatan masyarakat tak lagi dilakukan secara langsung. Cukup dengan media sosial atau secara online lebih efektif dan cara ini dipandang sebagian masyarakat cepat dan memakan waktu relatif singkat.

Iisi menarik dari hoaks adalah dibuat secara sengaja dan sistematis oleh seseorang dengan tujuan tertentu seperti meningkatkan popularitas yang awalnya tidak terkenal kini sejak hoaks menjadi terkenal, mendapat kekuasaan  setelah menjatuhkan reputasi seseorang setelah menyebarkan hoaks, mencemarkan nama bailk dan lainnya. Menariknya hoaks tersebut dibuat dan disebar tanpa sepengetahuan pihak yang terkait hingga terkadang menimbulkan spekulasi dan pro-kontra dikalangan masyarakat.

Media sosial sering kali dijadikan wadah,sarana ,tempat untuk menyebarkan hoaks . Lantaran biaya,ongkosnya demikian murah dibanding baliho atau media lainnya yang membutuhkan biaya besar.Fenomena hoaks dimedia sosial demikian marak pasalnya pelaku terkadang memakai nama – nama yang terkenal seperti pejabat,artis ,tokoh yang dianggap mampu menarik banyak orang supaya percaya hoaks yang dibuat .

Di sisi lain kabar hoaks atau berita palsu mudah tersebar di media sosial akibat dari antara lain informasi yang tersebar ke masyarakat tak tersaring dengan baik kemudian diperburuk dengan hilangnya etika saat menyampaikan pendapat di media sosial membuat hoaks makin merajalela.

Sekarang ini terkadang  banyak orang tak berfikir panjang  dampak negatif membuat,penyebar berita hoaks  yang dibuatnya sendiri yaitu pembuat berita hoaks atau berita bohong bisa dijerat pasal berlapis dipenjara dan denda bila terbukti bersalah. Fenomena hoaks di media sosial tak terjadi bila para pengguna media sosial itu bijak dalam menggunakan media sosial

Alumni SMAN 1 Cibinong Bogor

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…