OUR NETWORK

Bijak Memakai Kertas

Sebuah pohon menghasilkan 16.67 rim kertas

Kertas atau paper adalah barang baru ciptaan manusia berwujud lembaran-lembaran tipis. Kertas sangat mudah dijumpai. Kertas jasanya bagi dunia pendidikan sangat besar. Kegunaan kertas sangat berkaitan dengan dunia tulis-menulis.

Materi-materi sejak belajar dari kecil sampai sekarang masih membutuhkan kertas. Coba dicermati disekeliling kita, kertas sangat berperan besar dan kita tergantung dengan kertas.

Kertas terbuat dari pohon. Kayu-kayu diproses agar menjadi kertas. Membutuhkan waktu yang panjang untuk menghasilkan kertas. Iya kertas yang setiap hari dipegang orang, untuk sarana tulis menulis di sekolah sehingga menghasilkan orang pintar. Semua hal itu dari kertas. Kertas yang membutuhkan proses panjang.

Dalam proses akreditasi perguruan tinggi atau membuat tugas akhir atau tugas kuliah di kampus, banyak korban dari segi lingkungan. Bisa dikatakan tidak menghemat kertas. Bayangkan untuk membuat dokumen-dokumen akreditasi, membuat skripsi, tesis dan disertasi.

Jumlah yang tentu tidak sedikit. Kertas terbuat dari pohon. Berapa pohon yang ditebang dan diolah menjadi pohon? Padahal sekitar 70% bahan baku pembuatan kertas menggunakan kayu dari hutan.

Menurut conservatree.org jumlah kertas yang dihasilkan dari pengorbanan sebuah pohon yaitu 1 rim kertas fotokopi/A4/HVS kurang lebih 500 lembar kertas dibuat dengan memakai 6% dari pohon. Sebuah pohon menghasilkan 16.67 rim kertas. Satu ton kertas membutuhkan 12 pohon. Kertas untuk majalah yang lapis glossy akan memakai lebih dari 15 pohon.

Mengingat sangat banyak pengorbanan di proses pembuatan kertas maka selayaknya kita semua untuk hemat kertas. Bukan berarti kita tidak memakai kertas sama sekali. Tetapi mengetahui efek pohon yang perlu ditebang dalam pembuatan kertas maka seyogyanya kita dapat mempergunakan kertas dengan seefisien dan sebaik mungkin.

Solusi meminimalkan kertas bisa dengan memaksimalkan teknologi. Menggunakan email ketika harus konsul skripsi, tesis dan disertasi. Tidak perlu diprint terlebih dahulu. Memaksimalkan daur ulang kertas, kampanye penggunaan kertas bolak-balik. Sehingga kelestarian hutan dan pohon terjaga untuk anak cucu kita kelak.

Staf Badan Penjaminan Mutu

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…