OUR NETWORK

Belajar Pada Buku Biografi

Kesuksesan tidak dilahirkan.

Salah satu kesukaan saya adalah mengoleksi buku biografi atau otobiografi. Entah kenapa saya selalu ingin tahu rahasia dibalik perjalanan hidup seseorang hingga menjadi seperti yang ia kisahkan. Tapi ini soal selera terserah Anda menilainya.

Buku–buku yang saya koleksi tersebut tidak spesifik berlatar belakang pada sosok yang menggeluti bidang tertentu. Beragam profesi menjadi kokelsi saya misalnya bidang politik, bidang ekonomi, dan bidang lainnya, asalkan menarik untuk dibaca. Biasanya saya hanya membaca biografi tokoh yang mempunyai sisi kreatifitas dalam hidupnya dan telah menjadi inspirasi orang banyak.

Kenapa buku biografi? 

Mungkin jawabannya karena ada sisi menarik dari seseorang yang mungkin sama dengan perjalanan hidup kita sehingga  bisa kita ambil  untuk keperluan hidup kita. Dan bila mungkin, kita bisa mengambil hikmah dari perjalanan hidup seseorang yang kita baca kisahnya itu.

Ada sebuah proses dari kisah liku-liku hidup seseorang hingga menjadi seperti yang kita kenal. Bagaimana pribadi seseorang terbentuk tentunya ada jutaan anak tangga kehidupan yang harus ia lewati dan saya berharap ada salah satu anak tangga yang sama dengan kehidupanku.

Seringkali kita bertanya mengapa mereka bisa tapi kita tidak. Hal ini dikarenakan kita salah dalam memilih bidang yang kita geluti dan mestinya kita kuasai. Kita seringkali mengekor ketika ada seseorang yang sukses di bidang tertentu yang malah dengan itu kita justru menjerumuskan diri kita sendiri dalam kegagalan.

Kesuksesan tidak dilahirkan. Ada proses yang membentuknya dari kepingan kepingan yang mungkin pernah salah dan butuh perbaikan hingga membentuk  karakter seseorang.
Proses yang tidak disadari namun seolah menjadi plot sebuah cerita yang mesti harus dijalani dengan sedikit improvisasi dari kita untuk menyempurnakannya.

Kita salah menilai kemampuan diri kita, bahwa mereka yang sukses itu adalah orang orang yang memang ahli di bidangnya. Dan kita seringkali mengikuti jejaknya dengan jalan memilih bidang yang sama. Keadaan itu sudah pasti hanya akan terus membuat kita berada  di belakangnya. Yang terjadi adalah keputusasaan yang mendera kita karena kesuksesan itu terasa jauh untuk bisa kita raih.

Marilah mencoba untuk bersikap fair terhadap diri kita. Apa yang kita bisa dan apa yang kita mampu tentunya itulah yang membuat jalan kita untuk sukses. Tentunya ada syarat syaratnya yaitu antusiasme (passion) di bidang yang kita mampu serta butuh komitmen  untuk menggelutinya, itulah syarat utamanya.

Ada beberapa contoh orang orang sukses dengan bidang yang sama sekali tak terbayangkan orang misalnya sukses jadi tukang servis, jadi juragan pecel, jadi ilustrator dan masih banyak bidang lainnya.

Bob Sadino, Hermawan Kertadjaya, Chaerul Tanjung, Pak Puspo, Andrea Hirata, adalah nama nama yang berhasil mencari peluang di tengah bisnis mainstream yang ada. Ada satu garis lurus yang sama di antara mereka bahwa mereka adalah orang orang yang Mencintai dan Menggilai bidang yang ia tekuni.

Untuk menjadi sukses tak perlu harus mengekor bidang kesuksesan orang lain tapi kita harus meneladani bagaimana cara mereka menggeluti bidangnya hingga bisa sukses seperti itu. Disinilah kita bisa aplikasikan cara cara mereka ke dalam cara kita menggeluti bidang keahlian kita.

Jalan kehidupan seseorang tak kan pernah sama namun satu yang pasti tujuan mereka dan kita adalah sama yaitu untuk memperoleh akhir yang baik. Jalani Bidang yang anda geluti dengan antusias dan jangan pernah berputus asa.

Buku biografi menunjukkan pada kita bahwa jalan hidup seseorang itu berbeda beda. Kita mungkin harus menyadari bahwa kita dibekali dengan kemampuan yang unik sejak lahir. Apa yang kita punya adalah kemampuan untuk kita yang harus kita gali dan asah sesuai dengan kapasitas yang kita punya.

Membaca kisah orang lain sedikit banyak memicu kita untuk bisa meneladani perjalanan hidup seorang anak manusia. Cucuran darah dan keringat yang telah ia lakukan dalam menggapai kesuksesan adalah inspirasi. Namun perlu diingat, jangan meniru apa yang telah digelutinmya tapi teladanilah semangatnya dalam memaksimalkan profesi yang digelutinya.

Takdir seseorang sudah ditentukan.  Tetap berusaha dan menikmati perjuangan meraih impian adalah morivasi yang harusnya selalu ditumbuhkan agat kita tidak cepat menyerah ketika kita jatuh. Jatuh sekali dan bangun dua kali adalah garis lurus dari kisah kisah orang sukses yang kita baca dari buku biografi itu.

Tak jarang apa yang diceritakan sesorang dalam biografinya adalah sesuatu diluar perkiraanya. Seringkali kita membaca bahwa apa yang telah mereka raih menurut mereka adalah kejutan diluar dugaannya semula.

Dan itulah menariknya buku biografi, yang kadang kadang oleh tokohnya pun dirasa mengejutkan ketika membaca ceritanya karena sebenarnya arah hidupnya tidak pernah seperti yang ia bayangkan.

Itulah kejutan dari buku biografi, yang terkadang tokohnya pun menceritakan sesuatu yang mengagetkan dirinya hingga pada satu titik tertentu membuat penulis dan pembacanya menyadari itulah takdir. Menarik bukan?

Saya seorang arsiparis juga pengajar yang menyukai dunia tulis menulis, berasal dari kampung nelayan di pesisir utara Kabupaten Lamongan tepatnya Desa Paciran

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…