OUR NETWORK

107 Tahun Muhammadiyah, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Muhammadiyah didirikan di Kampung Kauman Yogyakarta pada 18 November 1912.

Indonesia memiliki cita-cita dan impian yang sangat besar. Salah satu cita-cita Indonesia adalah mencerdaskan rakyat Indonesia. Mencerdaskan ini menjadi lebih mudah karena peran Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Muhammadiyah didirikan di Kampung Kauman Yogyakarta pada 18 November 1912. Muhammadiyah akan merayakan Milad ke-107 tahun. Sampai saat ini Muhammadiyah fokus dan istiqomah dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

Muhammadiyah mulai mencerdaskan rakyat Indonesia dari kelompok bermain, taman pengasuhan anak, taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan pendidikan tinggi. Muhammadiyah juga memiliki rumah sakit, rumah bersalin, badan kesehatan ibu dan anak, balai pengobatan dan posyandu. Muhammadiyah juga mengelola rumah singgah anak jalanan, panti asuhan, lembaga dana santunan sosial dan tim panrukti jenazah.

Kader-kader Muhammadiyah juga mempunyai ciri pembaharuan dan berkemajuan. Pembaharuan ini akan menghasilkan generasi-genarasi penerus Indonesia yang dapat memajukan Indonesia. Generasi ini yang akan menjadikan Indonesia unggul dan mampu bersaing dengan negara-negara lain. Masa depan yang sangat cepat perubahannya, harus diikuti dengan kemampuan generasi penerus untuk mengikuti perubahan dunia.

Kini Indonesia juga merespon perkembangan dunia yang semakin cepat dan tantangan era revolusi industri 4.0 yang sangat kompetitif. Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019 menunjuk Nadiem Makariem menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi (Mendikbud Dikti). Nadiem merupakan mantan CEO Gojek. Nadiem diharapkan mampu memanfaatkan teknologi demi kemajuan pendidikan Indonesia.

Pendidikan merupakan wahana untuk mempersiapkan manusia dalam memecahkan atau mencari solusi setiap masalah kehidupan pada masa kini maupun masa depan. Pendidikan harus disusun atas dasar kondisi lingkungan masyarakat masa kini ataupun untuk antisipasi masa depan. Perubahan-perubahan kondisi lingkungan merupakan tantangan dan harus direspon secara tepat dan harus memberikan nilai positif.

Digitalisasi pendidikan dan integrasi teknologi dalam pendidikan semakin akan terwujud. Muhammadiyah pun merespon ini dengan akan diluncurkannya Muhammadiyah Online University pada 18 November 2019 di Resepsi Milad 107 Tahun Muhammadiyah di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Acara resepsi Milad 107 Tahun Muhammadiyah akan diisi dengan agenda pidato Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Tari Kolosal TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Muhammadiyah Award, Launching Aplikasi Iuran Anggota Muhammadiyah, Launching Batik Muktamar dan Launching Lagu Muktamar Muhammadiyah ke-48.

Akhirnya output dari pendidikan yang telah dilakukan oleh Muhammadiyah menghasilan orang-orang yang memiliki karakter, kepribadian, mental yang tangguh dan berakhlak mulia. Semoga efek positif ini menular ke dunia pendidikan Indonesia. Sehingga Indonesia akan menjadi adil, makmur dan sejahtera yang selalu mendapat ridha dari Allah SWT.

Staf Badan Penjaminan Mutu

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…