OUR NETWORK

Skenario Tahun Ajaran Baru

Skenario optimis, artinya wabah ini akan mereda di bulan Mei, sehingga kalau bulan Juni berakhir, maka Juli 2020 bisa dimulai tahun ajaran baru 2020-2021. Skenario pesimis?
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Rei/foc/15.

Situasi Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak agenda besar Nasional terpaksa ditunda, digeser, atau dijadwalkan ulang. Salah satunya adalah agenda tahun ajaran sekolah.

Sampai saat ini, pemerintah, dalam hal ini Gugus Tugas Nasional Covid-19 belum secara resmi mengumumkan akhir dari situasi wabah, dan kembali ke kehidupan normal. Maka Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud), sebagai penanggung jawab utama Pendidikan Nasional, perlu menyiapkan skenario-skenario agenda tahun ajaran baru.

Skenario optimis, artinya wabah ini akan mereda di bulan Mei, sehingga kalau bulan Juni berakhir, maka Juli 2020 bisa dimulai tahun ajaran baru 2020-2021.

Skenario pesimis, wabah ini akan mereda sekitar September-Oktober 2020, dan berakhir Desember, sehingga tahun ajaran baru dimulai Januari 2021. Artinya, ini kembali seperti sebelum tahun 1979, di mana tahun ajaran dimulai pada setiap bulan Januari.

Dua skenario itu, tingkat kemungkinan pelaksanaannya tergantung pada tingkat kepatuhan dan disiplin warga bangsa Indonesia dalam mematuhin protokol Covid-19.

Dalam Raker Komisi X dengan Kemdikbud, masalah tahun ajaran baru ini saya pertanyakan kepada Mendikbud. Secara tegas Mendikbud pun meberikan jawaban bahwa Kemdikbud juga sedang membicarakan dan mendiskusikan dengan para ahli dan konsultasi dengan Gugus Tugas Nasional Covid-19, namun smpai saat ini belum diputuskan, masih menunggu perkembangan dalam beberapa waktu ke depan.

Pertimbangan tahun ajaran baru dalam situasi pandemi ini memang tidak hanya menyangkut variabel pendidikan, tetapi terutama juga harus memperhatikan variabel kesehatan. Sehingga keputusan Kemdikbud harus mendengar dan mempertimbangkan masukan dari Gugus Tugas Nasional Covid-19.

Andreas Hugo Pareira
Anggota Komisi X DPR RI/F-PDIP/Dapil NTT-1

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…