Jumat, Februari 26, 2021

Ketika Main Pokemon Go “Menjadi Yahudi”

Tasrif Award, LGBT, dan Menteri Lukman Saifuddin

Sejak 1998, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) selalu memberikan Suadi Tasrif Award kepada kelompok-kelompok yang memperjuangkan kebebasan berekspresi di Indonesia. Pada 2015, Joshua Oppenheimer menerima...

Nahdlatul Ulama Pasca Wafatnya KH Maimoen Zubair

Usia KH Maimoen Zubair memang sudah sepuh. Sembilan puluh tahun adalah usia yang panjang. Namun tetap saja berita wafatnya beliau di tanah suci Mekkah...

Tak Ada Paksaan dalam Agama. Titik!

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menemani Grand Syekh Al-Azhar Prof. Dr. Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb (kanan) saat berkunjung ke Pondok Modern Gontor, Ponorogo,...

Tentang Jimat CPNS

Berita calon pegawai negeri sipil (CPNS) timbul tenggelam. Sekalinya timbul, begitu dicari, diburu, hingga banyak yang rela menunggu. Kemudian, tenggelam lagi, hilang lagi. Lalu...
Avatar
Ferena Debineva
Pendiri dan Ketua Support Group and Resource Center on Sexuality Studies (SGRC).

pokemon1
foto: gamespot.com

Belum genap sebulan aplikasi permainan virtual reality ini beredar di Indonesia, Pokemon Go sudah dilabeli dengan arti “Aku Yahudi”. Pokemon yang diambil dari kata Pocket Monster (monster saku), diartikan bebas sebebas-bebasnya dari bahasa Syriac Kuno. Ikonnya, Pikachu, seekor monster tikus kuning pun tidak luput dari terjemahan asal-asalan menjadi “Jadilah Yahudi”.

Jauh sebelum aplikasi Pokemon Go beredar,  di tahun 2001 lalu, ketika animasi Pokemon ditayangkan, Pokemon dianggap sebagai propaganda Yahudi untuk menjauhkan anak-anak Muslim dari agamanya. Pokemon Go bahkan menjadi topik yang perlu dirapatkan hukumnya dalam Pleno PBNU di Cirebon, sejajar dengan pembahasan isu tax amnesty.

Pokemon Go hanyalah satu dari ratusan permainan baik daring dan luring yang dirasa perlu dilabeli dengan kata “Yahudi”. Permainan lainnya yang sudah susah payah dilabeli illuminati/ iblis/freemason/pengikut setan/aliran sesat/penghina Islam lainnya pun sudah banyak mengisi daftar. Sebut saja Devil May Cry, Resident Evil, Clash of Clans, Prince of Persia, Counter Strike, Ayo Dance, bahkan Angry Birds tidak lepas dari embel-embel tersebut.

Hal ini tentu bukan sesuatu yang baru. Anda tentu bisa pula mendapatkan cap kafir/Yahudi/ komunis/liberal secara cuma-cuma. Tidak hanya satu, namun kesemuanya sekaligus.

Selagi kita masih bersibuk-sibuk ria dengan pengelompokkan sempit antara Yahudi dan bukan Yahudi, belahan dunia lain sedang sibuk mengupayakan perdamaian dunia dan penjelajahan angkasa. Sementara kita setiap tahun masih bergumul pada wacana mengenai pemboikotan produk-produk yang dianggap mendukung Israel. Bayangan akan adanya konspirasi besar yang dilakukan oleh Yahudi terus mengikuti dan memperbesar jarak kemungkinan hubungan diplomasi dengan Indonesia.

Tapi, apa yang bukan konspirasi Yahudi? Semuanya adalah salah konspirasi Yahudi. Kegagalan ekonomi adalah konspirasi Yahudi. Lagi pula, apa yang luput dari embel-embel Yahudi? Coca Cola jika diputar balik sedemikian rupa adalah Yahudi. Facebook buatan Yahudi. Seperti layaknya stempel PKI yang menyakitkan, seharusnya semua produk Made in China harus diganti buatan Yahudi. Ada apa dengan Yahudi dan kita?

Anti-Judaism, Anti-Semitism, Anti-Zionism, dan Mengapa Kita Membenci

Apa yang berbeda dari ketiganya? Untuk kita, semuanya sama. Yahudi = Israel = Zionis. Tidak perlulah dibeda-bedakan. Ketiga-tiganya sama. Mereka yang percaya dan mengutuki adanya prasangka negatif terhadap Islam di belahan bumi Amerika, kini malah membanggakan diri memiliki kebencian yang sama besarnya terhadap Yahudi.

Apa persamaan di antara keduanya? Keduanya menganggap orang-orang dengan karakteristik tertentu layak dibenci (seperti layaknya mereka membenci komunis, liberal, dan lesbian, gay, biseksual, dan transgender/LGBT).

Mengapa kita membenci? Kebencian terhadap kelompok lain membuat kelompok dan diri kita sendiri terlihat baik. Kita mencintai menjadi baik dan mengusahakannya dengan sungguh-sungguh. Kecintaan kepada kelompok bekerja bukan hanya ketika kelompok lain patut benar-benar dibenci, namun karena adanya emosi positif seperti kebanggaan, kehormatan, simpati, dan kepercayaan pada kelompok sendiri.

Hal ini kita reproduksi terus-menerus kepada kelompok lain. Kita menyerah kepada godaan untuk membuat diri sendiri terlihat lebih besar dengan mengecilkan orang lain. Kita kemudian membayangkan hal-hal besar yang tidak masuk akal untuk dilekatkan bersama kebencian yang memberi makan otak kita sehari-hari. Gordon Allport, dalam Anti Semitism, A Social Disease (1946) menyebut Judeophobia (prasangka negatif terhadap Yahudi) sebagai penyakit sosial yang menular dan merupakan kejahatan yang kompleks.

Selanjutanya Simmel bahkan mengartikannya sebagai psikosis massal yang menyebar seperti virus. Seperti layaknya individu yang kerasukan, pemikiran itu amat irasional, masif, diternak secara terstruktur, dan merupakan upaya defensif yang sia-sia untuk menyeimbangkan identitas yang dirasa lemah dan berafiliasi dengan delusi kekuatan. Kita menggunakan prasangka negatif untuk mengatrol harga diri kita yang terjun bebas.

Sayangnya, kebencian kita tidak berhenti di sana. Kita mereproduksi ketakutan-ketakutan yang seperti bola salju, bergelinding dan bertambah-tambah. Kita membangun wacana di mana keberadaan Yahudi akan mengancam eksistensi ke-kita-an. Untuk menghilangkan pemikiran akan ancaman, maka kita memiliki urgensi untuk menghilangkan sumber rasa tidak nyaman, dengan memusnahkan orang lain jika tidak ingin dihancurkan oleh diri sendiri. Prinsipnya: “Agar kami bisa bernapas, Anda harus dihilangkan.”

Belum selesai ketakutan kita terhadap Yahudi, permainan online mendorong kita ke dalam masalah yang baru. Kita yang gagap teknologi pun tergopoh-gopoh menanggapi permainan berbasis augmented reality.

Sastrawan Damhuri Muhammad mengartikulasikannya dengan apik dalam opini di Kompas (26/7/2016), bahwa teknologi tinggi yang kini dapat diaskes siapa pun menjelma sebagai suatu keterkejutan yang ganjil, kecanduan, bahkan histeria. Meskipun sebagian dari kita memahami mungkin wacana-wacana ketakutan akan permainan teknologi tinggi adalah humor dan satir belaka, kita harus menyadari bahwa perihal ini terjadi bukan di belahan dunia lain, melainkan di dalam ruang-ruang kepala itu sendiri dan diamini dengan sungguh-sungguh.

Pun hal itu didorong dengan apa-apa yang digaungkan di telinga kita selama ini. Kita harus menjadi kaku dengan belajar (baca: membaca buku yang telah ditentukan), belajar lagi (baca: dengan cara yang telah ditentukan), dan belajar (baca: hanya dari sumber yang telah ditentukan).

Kita diajarkan bahwa bermain dan bersenang-senang adalah hal yang salah (kecuali menonton Uttaran dari siang hingga malam, atau menonton tayangan gosip kehidupan artis). Betapapun saya mengutarakan bahwa pelajaran bahasa Inggris paling efektif bukanlah di ruang-ruang kelas yang menjemukan. Pada saya, ia hadir dalam bentuk permainan Harvest Moon ketika saya harus membuka kamus untuk mencari arti kata basket yang saya pikir pada waktu itu adalah bola.

Dan sebagai pecandu permainan daring dan luring, saya pada banyak waktu luang akan selalu ada di barisan terdepan dalam urusan bersenang-senang, bahkan jika konsekuensinya adalah “Menjadi Yahudi”.

Avatar
Ferena Debineva
Pendiri dan Ketua Support Group and Resource Center on Sexuality Studies (SGRC).
Facebook Comment

POLIKLITIK

ARTIKEL TERBARU

Kenapa Saya Mengkritik Mas Anies?

Dua hari yang lalu saya mengkritik Gubernur DKI Jakarta Mas Anies Baswedan melalui unggahan akun Instagram. Soalnya Mas Anies melempar kesalahan pada curah hujan dan...

Berpegangan Tangan dengan Leluhur

Oleh: Arlita Dea Indrianty, SMAN 36 Jakarta Esai favorit lomba: Mengenal Indonesia, Mengenal Diri Kita Bicara tentang Indonesia tidak akan membawa seseorang pada titik...

Penguatan Kultur Demokrasi di Indonesia

Sebagian persoalan dalam praktik demokrasi di Indonesia muncul dari kalangan elite yang membajak sistem. Masyarakat sebagai pemilik sah kedaulatan tertinggi dalam demokrasi hanya dijadikan...

Buntara Kalis

Oleh: Queen Vega Latiefah, SMAN 76 Jakarta Esai favorit lomba: Mengenal Indonesia, Mengenal Diri Kita Seperti cahaya rembulan di malam hari, seperti itu bayangan orang orang...

Sejarah Palestina dan Hubungannya dengan Kita

Usai Kekalahan Ottoman pada perang dunia 1 yakni pada (1914 - 1918) wilayah Palestina - Israel sejak 1922 berada di bawah mandat Inggris. Peluang...

ARTIKEL TERPOPULER

1000 Hari Teddy Rusdy Cucu Kiai Digulis

Teddy Rusdy—orang yang tepat di belakang Benny Moerdani, sosok yang disebut sejarawan militer David Jenkins salah satu orang paling berkuasa di Indonesia pada 1980-an—punya...

Landasan dan Prinsip Politik Luar Negeri Kita

Indonesia dalam sejarahnya mempunyai sejarah yang panjang dalam menghadapi situasi politik, baik dalam dan luar negeri. Sejarah dan proses panjang yang dimiliki bangsa kita...

Apa Beda Habib, Sayyid, Dzuriyah, Alawiyin, dan Ahlulbait

Terjadi pencampuradukan makna dan fungsi sejumlah kata "Ahlulbait", "Dzuriyah", "Habib", "Sayyid", dan "Alawi", secara sengaja ataupun tidak sengaja, yang bisa menimbulkan kesalahpahaman. Hadis Tsaqalain (bahasa...

Menilik Pencekalan Panglima Gatot

Insiden diplomatik antara Amerika Serikat dan Indonesia terjadi hari Sabtu lalu, (21/10/2017) di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Kejadiannya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dicekal untuk...

Sejarah Palestina dan Hubungannya dengan Kita

Usai Kekalahan Ottoman pada perang dunia 1 yakni pada (1914 - 1918) wilayah Palestina - Israel sejak 1922 berada di bawah mandat Inggris. Peluang...

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.