OUR NETWORK

Jangan Sia-siakan Suaramu

Pernahkah kita bertanya, untuk apakah sebenarnya kita memberikan suara pada Pemilu? Hanya untuk menang dan gagah-gagahan? Atau untuk memperbaiki bangsa ini?

Banyak beredar kabar palsu, kalau pilih PSI suaramu jadi sia-sia. Alasannya karena PSI partai baru. Meski orang-orangnya berkualitas, memiliki komitmen yang tinggi pada toleransi, sebagai partai baru belum tentu lolos.

Kita merasa, Caleg PSI memang berkualitas. Komitmen tinggi pada toleransi. Sangat anti-korupsi. Tapi apakah nanti PSI bakal lolos ke Senayan? Kalau tidak lolos, lalu menurutmu suaramu akan sia-sia.

Alhamdulillah. Survei dan trend suara terus menunjukan peningkatan untuk PSI. Tidak sedikit lembaga survei yang memprediksi PSI sebagai partai yang bakal lolos.

Tapi, bukan itu masalahnya. Intinya adalah apa sebenarnya suara yang sia-sia?

Pernahkah kita bertanya, untuk apakah sebenarnya kita memberikan suara pada Pemilu? Hanya untuk menang dan gagah-gagahan? Atau untuk memperbaiki bangsa ini?

Jika urusanmu hanya soal menang dan gagah-gagahan, memang pantas suaramu diberikan kepada partai besar saja. Partai yang selama ini sudah menguasai parlemen. Tapi apakah itu tanda kemenangan buatmu?

Ketika parlemen kita lebih sibuk mengurus dirinya sendiri ketimbang mengurus urusan rakyat, apakah itu tanda kemenangan buatmu? Ketika kursi-kursi sidang melompong karena anggota dewan malas melaksanakan fungsinya, apakah itu tanda kemenangan buatmu?

Ketika hanya 5 dari 50 RUU yang mestinya dibahas jadi Undang-undang, apakah kinerja DPR itu tanda kemenangan buatmu? Ketika ratusan anggota DPR dan DPRD ditangkap KPK karena korupsi, apakah itu tanda kemenangam buatmu?

Ketika mereka diam saja saat intoleransi makin merajalela, padahal mereka punya kekuatan politik untuk bertindak, apakah itu tanda kemenangan buatmu?

Tidak. Sesungguhnya itu tanda kekalahan rakyat. Sebab kita memilih anggota DPR bukan untuk tidur. Kita memilih anggota DPR bukan untuk bolos sidang. Kita memilih anggota DPR bukan untuk diam saja menyaksikan intoleransi.

Sesungguhnya kita memilih mereka untuk bekerja demi kepentingan kita. Suara kita akan sia-sia, jika mereka yang duduk di kursi parlemen malah menyelewengkan amanah. Atau makan gaji buta.
Itulah sesungguhnya suara yang sia-sia. Sebab justru suara kita diselewengkan. Suara rakyat disia-siakan.

Jika kita ingin suara kita tidak sia-sia, kita harus memastikan orang-orang yang berkualitas. Punya komitmen tinggi. Dan menjunjung toleransi sebagai tulang punggung NKRI. Kita harus memastikan parpol yang berani memiliki sistem akuntabilitas publik yang baik. Parpol yang memiliki sistem penilaian yang terus menerus pada anggotanya di parlemen.
PSI memiliki itu. Partai yang lahir dari kegelisahan anak-anak muda idealis ini, berusaha untuk memperbaiki sistem dari dalam.

Sebab percuma pemilih Presiden sehebat Jokowi, jika proses politik di parlemen nanti tidak didukung oleh orang yang punya visi ke depan. Punya kapabilitas cukup. Punya integritas yang baik.

Jika ada rumor, memilih PSI maka suaramu akan sia-sia karena PSI partai baru. Apakah kamu merasa suaramu pada 2014 dulu sia-sia ketika diberikan kepada seorang Jokowi? Dia tadinya bukan tokoh nasional. Hanya Walikota dari sebuah kota kecil. Lawannya adalah tokoh nasional. Mantan Jenderal bintang tiga.

Jika dulu semua orang berfikir suaranya akan sia-sia memilih tokoh dari daerah kecil untuk jadi Presiden maka Indonesia tidak pernah punya Presiden seperti Jokowi. Begitu pun jika kamu berifikir suaramu akan sia-sia diberikan pada PSI, maka kita akan terus mendapati legislatif dengan budaya lamanya.

Budaya yang tidak ada ukuran kinerja. Budaya yang korup. Budaya yang sering gagal memperjuangkan kepentingan rakyat.

Jika kita ingin mengubah wajah Indonesia. Bukan hanya kita butuh Presiden seperti Jokowi. Kita juga butuh Parpol yang punya visi dan komitmen sama dengan Jokowi.
Memperjuangkan Indonesia maju. Memperjuangkan Indonesia yang plural dan toleran. Memperjuangkan budaya politik yang bersih dan anti-korupsi.

Jangan sia-siakan suaramu. Pilihlah Calon Presiden yang memiliki kualitas kepemimpinan. Sandingkan dia dengan Parpol yang memiliki komitmen sama rentang kemajuan Indonesia.
Bukan Parpol yang hanya sibuk dengan manuver-manuver politik tetapi lupa dengan tugas utamanya : membantu mensejahterakan rakyat!

Pilih PSI. Maka suaramu tidak akan sia-sia!

Pegiat Media Sosial

TINGGALKAN KOMENTAR

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

    Processing files…