OUR NETWORK

Buya Syafii dan Kintani

Mudah-mudahan, Kintani makin terkenal seperti Via Vallen dan Didi Kempot, insyaallah. Amin.

Siang ini Jum’at berkah (04/10), ketika saya sedang asyik membaca linimasa Twitter tiba-tiba Buya Syafii Maarif mengirim pesan tautan video Youtube. Ondeh mak, ternyata Buya Syafii juga penggemar Kintani. Sejagat Minang tak ada yang tak kenal dengan Kintani.

Kintani, penyanyi Minang yang sedang tinggi popularitasnya di Sumatera Barat. Barangkali popularitasnya lebih tinggi dari Jokowi dan Prabowo. Alah, sudahlah, pemilihan presiden sudah selesai, Prabowo sudah lewat, tapi Kintani tidak.

Nah, sebelum mengurai sedikit tentang Kintani, masih ada tanya di sini. Ada apa antara Buya dengan Kintani, kok tiba-tiba Buya Syafii mengirim link lagu Youtube Kintani? Terus, siapakah Tauvani?

Begini, lagu yang dikirim Buya adalah lagu Minang, judulnya Bapisah Bukanyo Bacarai, song lyric by Syahrul Tarun Yusuf. Lagu ini dinyanyikan dengan merdu oleh Kintani feat Ilham ZED. Menurut cerita Eric Tauvani di Ibtimes.id, Buya sering mengenalkan kepadanya lagu-lagu Minang. Salah satunya adalah lagu Bapisah Bukanyo Bacarai.

Kesaksian Tauvani, Buya pandai menyanyikan lagu ini, bahkan sangat meresapi sampai di dalam hati. Mengenang masa lalu kala jauh dari keluarga dan istri. Kisah tentang Buya Syafii dan lagu ini dapat baca dalam tautan ini: Buya Syafii, Lip, dan Bapisah Bukannyo Bacarai. Kata Buya, lagu ini sungguh dahsyat!

Saya tidak menulis panjang soal lagu ini, karena sudah ditulis oleh Tauvani. Nah, bagaimana dengan Kintani? Saya mengenal Kintani dari istri, Mirna Defri Oktari. Di rumah dan di kampung atau di mana-mana, seringkali istri saya memutar lagu-lagu Kintani. Bahkan ketika Kintani konser di Ancol, Jakarta Utara, kami hadir. Bayangkan, Kintani membawakan lagu-lagu Minang di pinggir pantai Ancol. Indah nian.

Kintani Putri Medya, begitulah nama panjangnya. Sebagian orang Minang menilai penyanyi ini memiliki wajah serupa Raisa. Kintani, akrab disapa Tatan, menuai popularitas melalui Youtube. Memang, kualitas vokalnya tak kalah dengan Raisa. Lagu-lagu pop berbahasa Minang yang dibawakan oleh Kintani sudah populer di Sumbar dan di perantauan.

Kintani lahir di Payakumbuh, Sumatera Barat, 22 tahun lalu. Menurut beberapa catatan, sebelum tampil di dunia tarik suara, Kintani telah meraih sejumlah prestasi di bidang tari. Sejak duduk di bangku SMP, Kintani sudah beberapa kali keluar sebagai juara tari tingkat kota dan provinsi Sumatera Barat. Kintani juga pernah terpilih sebagai juara III dalam pemilihan Duta Songket Sumbar, 2015. Pada tahun yang sama, juga terpilih sebagai Uni Favorit Kota Payakumbuh. Tatan lahir 18 Januari 1997, album pertamanya bertajuk Uda Sayang, berkarya di belantika musik Minang dengan konsep Gadih Minang.

Video Youtube Kintani dengan lagu Bapisah Bukannyo Bacarai disebar oleh Buya Syafii. Mudah-mudahan, Kintani makin terkenal seperti Via Vallen atau Didi Kempot, insyaallah. Amin.

Terima kasih Buya Ahmad Syafii Maarif sudah mengirim video lagu yang dibawakan oleh Kintani ini. Tapi, siapa itu Tauvani? Lain kesempatan saya akan berusaha menulis catatan tentang Buya Syafii dan Tauvani. Semoga.

Dan ternyata, ketika saya share tulisan ini, Buya Azyumardi Azra juga penggemar Kintani. Kata Buya Azra, suaranya Kintani sweet. 

David Krisna Alka
Penyuka kopi susu gula aren, Alumni INS, UIN Jakarta, dan Wall Street English, sedang studi di Pascasarjana Departemen Ilmu Antropologi UI. Anggota Muhammadiyah dan Peneliti Senior MAARIF Institute for Culture and Humanity,

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…