Minggu, Januari 17, 2021

Bekal Makan dan Miskonsepsi Feminisme

Subur Simbolnya, Gersang Rohaninya

Sejarah Islam pernah mencatat goresan luka dalam sikap kaum ulama menghadapi kekuasaan. Sebagian besar ulama menunduk di hadapan Sultan dan bersedia menjadi, ibarat kata,...

Menanti Ketegasan Jokowi Mengisi Jabatan Kapolri

Masa jabatan Jenderal Polisi Badrodin Haiti sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) akan berakhir pada 24 Juli 2016 nanti. Meski lebih kurang tinggal dua...

Jokowi dan Ratifikasi Konvensi Anti Penghilangan Paksa

Sejak lima tahun lalu Hari Anti Penghilangan Paksa diperingati secara internasional setiap 30 Agustus. Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui Resolusi Nomor 65/209 pada 21...

“Perang” Online Versus Offline, Duh!

Warga mencari transportasi dengan aplikasi online di Jakarta, Kamis (17/3). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa. Ada banyak yang bisa dikaji dari ironi demonstrasi awak transportasi konvensional...
Muhammad Husni
Mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas Indonesia. Sedang Magang di Geotimes.

Pada akhir bulan lalu, tepatnya tanggal 26 Juni 2020 sebuah utas berjudul “Bekal Buat Suami Hari Ini” dikirim oleh akun @rainydecember dan menjadi sebuah topik panas di Twitter.

Sembari mengunggah beberapa foto menu masakannya, ia mengaku jika ia melakukan hal tersebut baru sekitar 2 Minggu─tak lepas dari keadaannya yang saat ini berada di bawah bayang-bayang covid-19.

Awalnya tanggapan-tanggapan yang hadir bernada positif karena merasa terbantu dengan unggahan tersebut, namun lama-kelamaan tanggapan yang hadir melebar dari fokus utamanya dan bahkan utas tersebut menjadi sebuah medan perang argumen.

Akun dengan nama pengguna @hillandianest menyahuti utas tersebut dengan pandangan yang sedikit nyinyir dan menyulut datangnya komentar dari orang lain. Meskipun cuitannya sudah dihapus, jejak darinya masih dapat kita telusuri di mesin pencari dan hasil yang hadir merujuk pada istilah Feminis ataupun Feminisme.

“Bayangin lo buat masakan buat swamik lo sebegitu wownya masakan ampe sekali buat bekel 200 rebu abis itu 3 bulan kemudian dia slengki (selingkuh) wow,” kira-kira begitulah tanggapannya. “Pengen julid yg bikin thread bekal buat swamik. Gabanget. Persepsi orang beda beda kali ya. Apalagi dengan watak gue kaya gini udh deh,” lanjutnya.

Pada titik ini saya menyadari satu hal, bahwasanya orang-orang yang hadir dan memberi komentar mengenai tanggapannya melakukan sebuah kekeliruan berpikir ad hominem dengan membalas nyinyiran tersebut dengan hal yang sama. Baik dengan atau tanpa bertujuan untuk memperbaiki miskonsepsi mengenai Feminisme, semuanya ingin menjatuhkan pendapat lawannya.

Bila dilihat dari cuitan miliknya, ia tidak mengakui bahwa dirinya seorang Feminis atau semacamnya, massa yang memberikan label padanya. Hal ini memperkuat hipotesis saya bahwasanya awam masih menganggap bahwa segala tindakan berontak seorang perempuan adalah gerakan Feminisme.

Kesalahpahaman ini semakin diperkuat dari faktor sosiokultural yang ada di Indonesia. Kanal-kanal televisi menayangkan drama-drama yang menunjukkan sekaligus mendoktrin bahwasanya perempuan itu harus bekerja di ranah domestik, lemah lembut─bahkan jika dikhianati suaminya, dan semacamnya.

Di tengah deras dan bebasnya arus  informasi yang dibuka media sosial, kampanye Feminisme yang benar-benar berkonsentrasi pada pemahaman gender dan pewujudan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan selalu terbentur musuh dalam selimut yakni mereka yang mengatasnamakan feminisme untuk melakukan tindakan reverse role dalam naungan feminazi: sebuah bentuk kebalikan dari misoginis (membenci perempuan).

Sebelum lebih jauh, pemahaman mengenai Feminisme lekat dengan pembedaan mengenai apa itu seks dan gender. Dewasa ini, gender yang mana merupakan pembagian kerja yang dapat dikonstruksi dan disosialisasi diilhami sebagai kodrat. Karena kaum laki-laki kebanyakan secara fisik lebih kuat dan besar maka diwajarkan apabila mereka lebih agresif, sebaliknya pada perempuan.

Kesalahpahaman ini juga mencaplok definisi pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang mana apabila kita mencari pengertian kata gender maka yang keluar adalah jenis kelamin yang mana merupakan pengertian dari seks. Peyorasi ini semakin diperparah dengan mesin propaganda lain yakni aksi turun ke jalan.

Perlu kita akui, aksi turun ke jalan merupakan langkah yang sangat efektif untuk mengkampanyekan dan membumikan segala isu sosial. Namun dalam kasus ini, hal tersebut bisa menjadi pisau bermata dua yang mana bisa menusuk juru kampanye serta isu yang dibawanya.

Sebelum mencapai pemahaman “my body is my authority” seperti yang ada di poster kampanye. Seseorang harus menguasai pemahaman teoritis seperti pembedaan dan ketidakadilan gender supaya benar-benar bisa membumikan isu ke segala golongan dan juga supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Awam tentunya bila melihat poster tersebut akan sinis dan menganggap Feminisme adalah penyimpangan norma.

Hal yang sama juga terjadi pada kasus bekal makan kali ini. Tindakan cyberfeminism dewasa ini seringkali dilakukan oleh oknum-oknum perempuan yang sakit hati terhadap laki-laki─apapun penyebabnya. Sebab itu segala gerakan yang dilakukannya didasari kebencian saja pada laki-laki─apa bedanya dengan misoginis?

Banyak pengguna internet yang datang dari kalangan muda yang pada akhirnya terjerumus ke dalam lingkaran setan tersebut. Saya merasa sedih karena usaha-usaha yang dilakukan oleh Lingkar Studi Feminis dengan membuka diskusi interaktif dan proses pembumian isu Feminisme yang lebih halus, harus kalah dari barisan sakit hati seperti mereka.

Feminisme bukanlah ideologi yang bertujuan untuk membentuk dan menebar kebencian pada tiap-tiap hati perempuan kepada laki-laki. Feminis berjuang untuk membebaskan perempuan-perempuan yang terseret dan terbelenggu sistem patriarki, bukan berarti mereka membenci laki-laki.

Sesuatu yang membuat hal ini menjadi ironi adalah akun-akun sosial media yang mengujar kebencian atas nama feminisme menghasilkan kaum baru: misoginis ekstrim. Akibatnya adalah gerakan feminsime─khususnya di Indonesia─semakin sempit lingkupnya menjadi sekadar kesetaraan dari segi pekerjaan/luar saja. Kalau membalas api dengan api, maka adakah yang tersisa selain abu dan asap?

Studi Feminisme yang masuk ke dalam analisis gender dianggap sebagai analisis baru, dan seperti yang kita ketahui mendapat sambutan baik akhir-akhir ini. Dengan pesatnya perkembangan ideologi ini, semakin banyak aliran Feminisme yang muncul dan menjadi pisau bedah yang tajam─yang bisa berfungsi multidimensional. Misalnya analisis kelas yang dikembangkan oleh Karl Marx ketika melakukan kritik terhadap sistem Kapitalisme, akan lebih tajam jika pertanyaan tentang gender─yang kait dengan Feminisme─juga ikut dikemukakan.

Mitos-mitos yang bertebaran seperti kabar burung yang berucap bahwasanya Feminisme menuntut derajat yang lebih tinggi dari laki-laki, melewati kodrat yang diberikan Tuhan, benci lawan jenis, dan bahkan tidak ingin mempunyai anak agaknya bisa kita sudahi dengan diskusi tenang tanpa adu otot seperti yang terjadi di Twitter akhir bulan lalu.

Cobalah untuk menjadi pribadi yang lebih tenang dan dewasa, kita adalah representasi dari apa yang kita kampanyekan dan dilabeli ke kita─oleh sebab itu agaknya kita perlu membangun diri yang tidak antikritik.

Miskonsepsi yang berujung pada Feminazi sudah jelas sangat berbahaya. Tindakan cyberfeminism yang dilakukan oleh oknum sakit hati tidak mustahil untuk dikalahkan dan diluruskan apabila kita yang memiliki pengetahuan berlebih tidak enggan untuk turun ke awam dan membumikan apa yang kita miliki, baik dengan kampanye udara maupun darat.

Feminisme sebagai paham juga tentunya pasti memiliki kekurangan, namun bukan berarti bahwa kita tidak boleh mengambil pelajaran dari ideologi tersebut. Banyak buku-buku dan jurnal-jurnal Feminisme yang bisa kita jadikan rujukan untuk mengkaji Feminis lebih dalam dan lebih kritis lagi.

Muhammad Husni
Mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas Indonesia. Sedang Magang di Geotimes.
Facebook Comment

POLIKLITIK

ARTIKEL TERBARU

China-Indonesia, Lahir dari Rahim Bulutangkis

Olahraga bukan sekedar cara untuk menjaga kesehatan, juga bukan sebagai hobi yang dinikmati dan sebuah kewajiban rutinitas untuk mencegah berbagai penyakit. Lebih dari itu,...

Penguatan Kebijakan Pelaksanaan Akreditasi RS di Masa Covid-19

Kasus Pandemik Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) kian meningkat dan telah memengaruhi berbagai aspek kesehatan termasuk memengaruhi upaya dalam meningkatkan kualitas layanan fasilitas kesehatan....

Memaknai Syair Lagu Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada

Lagu yang diciptakan oleh musisi terkenal di Indonesia yaitu Ahmad Dhani, melahirkan Sebuah mahakarya lagu yang begitu indah dan memiliki makna yang dalam. Lagu...

Soe Hok Gie, Perihal PKI dan Humanity

Soe Hok Gie sendiri adalah salah satu tokoh kunci dalam gerakan anak muda yang kemudian berujung dengan kejatuhan Orde Lama. Ia memainkan peran yang...

Ihwal Teori Keadilan John Rawls

Keadilan merupakan salah satu diskursus dalam filsafat yang paling banyak dibahas, bahkan menjadi topik utama dalam dunia global saat ini. Para filsuf sejak zaman...

ARTIKEL TERPOPULER

Apa Beda Habib, Sayyid, Dzuriyah, Alawiyin, dan Ahlulbait

Terjadi pencampuradukan makna dan fungsi sejumlah kata "Ahlulbait", "Dzuriyah", "Habib", "Sayyid", dan "Alawi", secara sengaja ataupun tidak sengaja, yang bisa menimbulkan kesalahpahaman. Hadis Tsaqalain (bahasa...

Mengapa Banyak Abdi Negara Muda Pamer di Media Sosial?

Apakah kamu pengguna Twitter yang aktif? Jika iya, pasti kamu pernah melihat akun @txtdrberseragam berseliweran di timeline kamu. Sebagaimana tercantum di bio akun ini,...

Narkoba Menghantui Generasi Muda

Narkoba telah merajalela di Indonesia .Hampir semua kalangan masyarakat positif menggunakan Narkoba. Bahkan lebih parahnya lagi adalah narkoba juga telah merasuki para penegak hukum...

Ihwal Teori Keadilan John Rawls

Keadilan merupakan salah satu diskursus dalam filsafat yang paling banyak dibahas, bahkan menjadi topik utama dalam dunia global saat ini. Para filsuf sejak zaman...

Soe Hok Gie, Perihal PKI dan Humanity

Soe Hok Gie sendiri adalah salah satu tokoh kunci dalam gerakan anak muda yang kemudian berujung dengan kejatuhan Orde Lama. Ia memainkan peran yang...

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.