OUR NETWORK

Livi Zheng Menjawab (Bagian 5)

1) Materi Berita yang berbunyi “Ucapan Terima Kasih Untuk Kerja Jurnalistik Yang Menakjubkan” (https://geotimes.co.id/komentar/ucapan-terima-kasih-untuk-kerja-jurnalistik-yang-menakjubkan/) sudah mengarahkan pembaca untuk menghakimi dan menjatuhkan reputasi Livi Zheng dan Keluarga. Padahal dalam tulisan ini tidak sepotong kalimatpun dikonfirmasikan kepada Livi Zheng dan Keluarga. Di sini terlihat jelas Geotimes menyajikan berita tidak akurat, tidak uji informasi, tidak berimbang, menghakimi dan menyebarkan kebohongan dengan tujuan menjelekkan nama baik serta menjatuhkan reputasi Livi Zheng.

2) Kutipan Berita: “Akhirnya muncul liputan mendalam tentang Livi Zheng, dilakukan secara kolaboratif oleh tim wartawan dari Tirto.id

Klarifikasi

Dalam tulisan tersebut Geotimes tampaknya bangga dan memuji media yang membabi-buta mengeroyok Livi dan keluarga dengan tulisan-tulisan negatif yang menjatuhkan reputasi Livi dan keluarga. Sudah jelas di sini niat buruk tulisan Geotimes terhadap Livi, padahal cara penulisan seperti itu melanggar Kode Etik Jurnalistik yang dikeluarkan Dewan Pers. Dewan Pers sendiri melalui Risalah Penyelesaian Nomor: 74/Risalah-DP/IX/2019 memutuskan bahwa artikel-artikel Tirto.id melanggar kode etik jurnalistik pasal 1 dan 3 karena menyiarkan berita tidak akurat, tidak uji informasi, tidak berimbang dan menghakimi.

3) Kutipan Berita: frase “karya anak bangsa menembus Hollywood”

Klarifikasi

Seperti yang disampaikan dalam hak jawab sebelumnya, definisi film Hollywood adalah film yang diproduksi di Amerika. Definition of Hollywood: of or characteristic of people in the American motion-picture industry // the Hollywood lifestyle. (www.merriam-webster.com/dictionary/Hollywood).

“Hollywood” is a name used to describe the entire U.S film industry, which started in the Los Angeles, California suburb of Hollywood. So a Hollywood movie would be an American movie. (www.quora.com/What-makes-a-movie-a-Hollywood-movie)

Definisi film Hollywood adalah film yang diproduksi di Amerika. Jadi Livi Zheng adalah sutradara Hollywood, karena film-filmnya diproduksi dan didistribusi di Amerika. Tidak ada kebohongan yang disampaikan Livi Zheng

Geotimes disini sudah jelas terbukti telah menghakimi dan beritikad buruk kepada Livi Zheng dan Keluarga. Ini terbaca apa yang diucapkan terimakasih oleh Geotimes kepada media lain yang menyudutkan Livi Zheng dan keluarganya terbukti bukan kerja jurnalistik yang baik karena telah melanggar Pasal 1 dan 3 Kode Etik Jurnalistik.

Hulman Jufri Oktario Simatupang
Kuasa Hukum Livi Zheng.

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…