OUR NETWORK

Livi Zheng Menjawab (Bagian 2,5)

1) Materi Berita yang berbunyi “Meneliti Livi Zheng (Bagian 2,5)” (https://geotimes.co.id/komentar/livi-zheng-bagian-2-5/) sudah mengarahkan pembaca untuk menghakimi dan menjatuhkan reputasi Livi Zheng. Padahal dalam tulisan ini tidak sepotong kalimatpun dikonfirmasikan kepada Livi Zheng dan keluarganya. Di sini terlihat jelas Geotimes menyajikan berita tidak akurat, tidak uji informasi, tidak berimbang, menghakimi dan menyebarkan kebohongan dengan tujuan menjatuhkan nama baik Livi Zheng.

2) Mengenai Hollywood dan Oscar:

Dalam tulisan Meneliti Livi Zheng (bagian 2,5) Geotimes, mengutip mentah-mentah berita Detikhot, “Livi Zheng tengah jadi sorotan di dunia maya. Sutradara asal Indonesia yang filmnya ‘Bali: Beats of Paradise’ sempat berjuang masuk Oscar, tahun lalu itu dipertanyakan rekam jejaknya sebagai seorang sineas.” Dan dibagian lain disebutkan “Livi membuat karya yang biasa-biasa saja, bahkan cerita puluhan kali gagal menembus Hollywood juga terlalu dilebih-lebihkan.”

Klarifikasi

Tidak ada informasi yang tidak benar disampaikan oleh Livi. Definisi film Hollywood adalah film yang diproduksi di Amerika. Kalau ada informasi yang tidak jelas kenapa Geotimes tidak bertanya langsung atau melakukan wawancara kepada Livi Zheng untuk mendapatkan informasi yang benar. Bukankah mencari kebenaran informasi lewat wawancara merupakan keharusan yang dipersyaratkan dalam Kode Etik Jurnalistik? Ini jelas Geotimes melanggar.

Mengenai Hollywood, kita bisa membuka definisi dengan kata kunci definition of Hollywood: of or characteristic of people in the American motion-picture industry // the Hollywood lifestyle. (www.merriam-webster.com/dictionary/Hollywood). “Hollywood” is a name used to describe the entire U.S film industry, which started in the Los Angeles, California suburb of Hollywood. So a Hollywood movie would be an American movie. (www.quora.com/What-makes-a-movie-a-Hollywood-movie)

Jadi karena Livi Zheng adalah sutradara dan film-filmnya diproduksi dan didistribusikan di Amerika, filmnya disebut film Hollywood, maka tidak ada kebohongan yang disampaikan Livi Zheng.

Film Livi masuk dalam daftar 323 Feature Films In Contention for 2014 Best Picture Oscar di website Oscar. Setiap tahun ribuan film dibuat, tapi hanya beberapa ratus yang bisa masuk bioskop. Dan dari beberapa ratus yang masuk bioskop, tidak semua bisa memenuhi kriteria Oscar untuk berkompetisi dalam ajang bergengsi ini.

Di website Oscar 323 Feature Films In Contention for 2014 Best Picture Oscar sepertinya hanya 2 film yang berhubungan dengan Indonesia yang masuk daftar itu. Yaitu film The Raid 2 karya Gareth Evans dan Brush with Danger karya Livi Zheng.

Bisa di cek langsung di website ini:

https://www.oscars.org/news/323-feature-films-contention-2014-best-picture-oscar/

http://digitalcollections.oscars.org/cdm/ref/collection/p15759coll9/id/6993/

Hulman Jufri Oktario Simatupang
Kuasa Hukum Livi Zheng.

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…