OUR NETWORK

Wapres Khawatirkan Tiongkok

Ilustrasi: Pengunjung mengambil foto "selfie" di depan hiasan lampion yang dipasang menjelang perayaan Festival Musim Semi di sebuah taman di Beijing, Tiongkok. ANTARA FOTO/REUTERS
Ilustrasi: Pengunjung mengambil foto “selfie” di depan hiasan lampion yang dipasang menjelang perayaan Festival Musim Semi di sebuah taman di Beijing, Tiongkok. ANTARA FOTO/REUTERS

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan jatuhnya saham Tiongkok cukup berdampak terhadap ekonomi Indonesia. “Ya dampaknya pasti ada, tapi hari ini sudah lumayan naik lagi lima persen,” katanya di Jakarta, Kamis.

Wapres mengatakan Indonesia menjaga ekonomi dalam negeri dengan cara memperkuat ekonomi nasional agar perusahaan-perusahaan dalam negeri berjalan dengan baik dan tak ikut terjerembab. “Ya menjaga saja, karena imbasnya tentu ada, pengaruhnya itu ialah perusahaan-perusahaan Tiongkok itu ekspansinya pasti menurun,” katanya.

Namun posisi utang luar negeri Indonesia dikatakan Wapres masih aman meskipun lebih banyak membayar utang dari pada membuat utang baru. “Utang kita baru 26-27 persen dari GDP, Yunani itu 160 persen jadi begitu keliru ya sudah tidak bisa bayar,” katanya.

Sebelumnya, harga-harga saham di Tiongkok terus anjlok. Ini ditandai dengan indeks Shanghai Composite yang turun hampir 7 persen dan indeks Shenzhen Composite turun 4 persen. Hal itu merupakan lanjutan penurunan yang telah melenyapkan 30 persen nilai pasar sejak pertengahan Juni.(ANTARA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…